Baca dalam 3 menit

Universitas Westlake di Hangzhou China Buat Terobosan Baru, Robot Psikologi Gratis

Waktu Publish : 13 Jul 2021, 11:42 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

Lan Zhenzhong, Kepala Laboratorium - Image from China News

Hangzhou, Bolong.id - Mahalnya biaya konsultasi psikologi saat ini membuat Lan Zhenzhong pria asal Tiongkok yang merupakan Kepala Deep Learning Laboratory Institute of Technology of Westlake University membuat terobosan baru di bidang itu.

Pada Senin (12/7), saat ia mula memperkenalkan robot konseling psikologis berteknologi AI bernama Xiaotian, biaya konsultasi psikologis masih sangat mahal yaitu dari 300 yuan hingga 2.000 yuan (Sekitar Rp 670 ribu – 4,5 juta) per jam, tidak semua orang mampu membayarnya.

"Kami berharap Xiaotian dapat menyediakan layanan konseling psikologis gratis kapan saja dan di mana saja dengan tingkat profesionalisme yang sama," kata Lan Zhenzhong.

Masalah kesehatan mental secara bertahap menjadi salah satu fokus perhatian sosial. Apa yang paling dibutuhkan orang dengan masalah psikologis? Lan Zhenzhong percaya bahwa jawabannya adalah layanan psikologis yang tepat waktu, profesional, dan inklusif.

Namun, saat ini, karena mahalnya biaya konsultasi psikologis atau kurangnya konselor psikologis, banyak pasien yang tidak dapat melakukan konsultasi profesional.

Untuk mengatasi masalah ini, Lan Zhenzhong membentuk tim dan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan robot konseling psikologis bernama Xiaotian.

Dilansir dari China News pada Senin (12/7/2021), robot ini dapat mensimulasikan mode operasi otak manusia, menganalisis, membuat kode, dan mempelajari banyak data. Ia bisa melakukan proyeksi ke adegan aplikasi, yaitu, menurut sejumlah kasus konseling nyata, mempelajari keterampilan konselor, dan menyediakan layanan konseling psikologis.

Saat ini, Xiaotian tersedia di WeChat. Lan Zhenzhong mengatakan bahwa, tidak setiap kalimat dalam program kecil sekarang berasal dari robot. Di antara mereka, sekitar 30% tanggapan berasal dari robot, dan 70% dipandu oleh psikolog.

Beberapa konselor psikologis ini lulusan New York University, Soochow University dan jurusan konseling psikologis lainnya, beberapa dari tim bantuan psikologis dari tim medis internasional, dan beberapa sukarelawan adalah psikiater dan psikoterapis di departemen psikologi klinis divisi Rumah Sakit Tongde Zhejiang.

"Jika saya ingin berhenti dari pekerjaan saya, saya pikir pekerjaan yang saya dapatkan harus penuh dengan kreativitas," katanya. Jika seseorang mengatakan ini, Xiaotian akan mengeluarkan tiga opsi jawaban, dan psikolog akan memilih salah satu dari mereka setelah melihatnya.

"Saat ini, Xiaotian masih dalam tahap 1.0." Song Chiyu, kepala teknologi AI di Deep Learning Laboratory Universitas Westlake, mengatakan bahwa ketiga jawaban dibuat oleh Xiaotian berdasarkan kasus konseling psikologis di masa lalu.

Dia mengatakan bahwa ketika konselor merasa bahwa salah satu jawaban lebih konsisten, dia dapat langsung memilih dan mengirimkannya. Ketika jawaban Xiaotian tidak cukup baik, psikolog akan menjawab atas inisiatifnya sendiri.

Lan Zhenzhong mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 3.000 orang berkonsultasi dengan Xiaotian, dan pengguna mencakup semua kelompok umur. Jika jumlah konsultasi mencapai 10.000 atau lebih, layanan konsultasi berbasis AI dapat tercapai.

Perlu disebutkan bahwa jika Anda menemukan masalah yang tidak dapat diselesaikan, Xiaotian akan mengeluarkan peringatan dan meminta bantuan konsultan profesional; ketika menemukan pengguna yang mungkin memiliki masalah psikologis atau gangguan mental yang serius, ia akan menyarankan untuk meminta bantuan ke rumah sakit spesialis, jika menghadapi kasus krisis yang sangat mendesak, ia akan memulai tindakan intervensi krisis yang sesuai.

Xiaotian 1.0 telah tersedia di WeChat. Dalam visi Lan Zhenzhong, versi 2.0 akan dapat mengeluarkan suara seperti hotline psikologis; dan versi 3.0 akan menjadi robot. Rencana jangka panjangnyam Xiaotian dapat memberikan layanan kepada 10 juta orang selama lima tahun.

"Ia tidak hanya memberikan layanan konsultasi psikologis gratis, tetapi juga memberikan informasi seputar ilmu psikologi, pendampingan psikologis dan evaluasi psikologis, dan dapat memberikan solusi dan bantuan psikologis untuk masalah seperti hubungan orang tua-anak dan pendidikan anak-anak," kata Lan Zhenzhong.

Diharapkan Xiaotian bisa masuk ke puluhan juta rumah, membantu anak-anak terlantar, anak-anak di daerah pegunungan terpencil, dan memberikan pelayanan bagi orang-orang yang enggan ke rumah sakit untuk konsultasi psikologi. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong