Baca dalam 3 menit

Lengan Robot China Ini Bisa Ambil Barang 850 Kali Dalam Satu Jam!

Waktu Publish : 12 Jul 2021, 13:59 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Robot AnyGrasp - Image from Xinhua

Shanghai, Bolong.id - Pada Konferensi Kecerdasan Buatan Dunia 2021, sebuah aplikasi yang menggabungkan algoritma kecerdasan buatan dan robot industri menarik banyak pengunjung. Di hadapan benda-benda aneh dan berantakan, lengan robot ini dapat dengan cepat, akurat, dan stabil menggenggam atau mengambil benda-benda itu.

Dilansir dari Xinhua pada Minggu (11/7/2021), ini adalah robot universal berbasis visi-AnyGrasp, yang dikembangkan bersama oleh Shanghai Jiao Tong University dan Feixi Intelligent Robot Joint Laboratory. Robot adaptif yang dilengkapi dengan algoritma ini dapat secara langsung menangkap objek yang tidak dikenal dengan kecepatan tinggi, dan tidak dibatasi oleh jenis objek.

"Robot dihadapkan pada sejumlah barang atau objek yang ditumpuk, kompleks, tidak dikenal, dan berantakan. Algoritma baru yang dirilis kali ini telah berhasil memecahkan masalah dalam industri," menurut staf tim pengembangan AnyGrasp, dari perspektif efek menggenggam, kemampuan menggenggam robot ini dalam situasi kompleks mendekati tingkat manusia.

Untuk mengembangkan algoritma AnyGrasp, tim Laboratorium Gabungan Robot Cerdas Shanghai Jiaotong University dan Feixi mengumpulkan lebih dari satu miliar tag pelatihan. Dalam lima jam kompleks stacking scene grabbing, rata-rata waktu grabbing per jam dari satu lengan yang dilengkapi dengan algoritma AnyGrasp dapat mencapai lebih dari 850 kali, yang lebih dari tiga kali lipat dari data yang diterbitkan oleh mantan tim peneliti UC Berkeley. Ini adalah pertama kalinya indeks ini mendekati level manusia dalam pengambilan adegan yang kompleks.

Dibandingkan dengan robot tradisional, robot adaptif dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang tidak pasti dan menyelesaikan tugas-tugas kompleks melalui kerja sama tangan dan mata seperti manusia. Kombinasi sebenarnya dari robot adaptif dan algoritma AI canggih tidak hanya membantu laboratorium melakukan lebih banyak upaya pada tingkat penelitian dan penerapan algoritmanya, tetapi juga membantu mempromosikan perluasan pasar bidang medis, katering, layanan, dan bidang berorientasi kehidupan lainnya. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3