Baca dalam 3 menit

Yuk Simak 10 Momen Sejarah Perkembangan China Pasca Reformasi

Waktu Publish : 16 Jul 2021, 08:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Deng Xiaoping dan Chen Yun, Desember 1978 - Image from China Today

Bolong.id - Semenjak Reformasi dan Pembukaan yang diluncurkan Tiongkok pada tahun 1979, banyak terjadi peristiwa yang menandakan perkembangan Tiongkok selama 42 tahun terakhir. Mari kita lihat beberapa momen penting dalam sejarah Tiongkok pasca Reformasi dan Pembukaan:

1. Deng Xiaoping dan Chen Yun pada Sidang Pleno Ketiga Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (PKT) ke-11 yang diadakan di Beijing dari 18 hingga 22 Desember 1978

Pertemuan tersebut membuat keputusan bersejarah untuk mengalihkan fokus kerja ke modernisasi sosialis dan menerapkan kebijakan reformasi dan keterbukaan. Ini mengantarkan Tiongkok pada periode baru reformasi dan keterbukaan dan modernisasi sosialis.

2. Upacara pembukaan Asian Games ke-11

Asian Games Beijing 1990 - Image from Berita Satu

Dari 22 September hingga 7 Oktober 1990, Asian Games ke-11 diadakan di Beijing. Ini adalah kompetisi olahraga internasional komprehensif pertama yang diselenggarakan oleh China. Sebanyak 6.578 orang dari 37 delegasi olahraga nasional dan daerah Olimpiade. Anggota Council of Asia berpartisipasi dalam Asian Games ini.

3. Upacara penandatanganan masuknya China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)

Penandatanganan China Masuk ke WTO - Image from Hinrich Foundation


Aksesi Tiongkok ke WTO merupakan kesempatan besar bagi negara itu untuk lebih membuka diri terhadap dunia luar dengan cara yang menyeluruh, berjenjang, dan luas jangkauannya. Pada 11 Desember 2001, Tiongkok resmi menjadi anggota WTO dan dengan berani merangkul pasar dunia. Aksesi ke WTO merupakan tonggak bagi partisipasi mendalam Tiongkok dalam globalisasi ekonomi dan memiliki dampak besar dalam mempromosikan reformasi ekonomi dan modernisasi Tiongkok.

4. Arti sentral dari Chinese Dream (Impian Tiongkok) adalah peremajaan bangsa Tiongkok dan esensinya adalah membuat Tiongkok makmur dan kuat, merevitalisasi bangsa, dan membawa kebahagiaan bagi rakyat

Mural "China" di Beijing - Image from NPR

Impian Tiongkok mengintegrasikan pengejaran negara, aspirasi bangsa, dan harapan rakyat, dan mengungkapkan visi bersama putra dan putri Tiongkok. Impian Tiongkok adalah mimpi perdamaian, pembangunan, kerjasama, dan saling menguntungkan dan terkait erat dengan impian orang-orang di dunia.

5. Tiongkok berkomitmen pada konsep peradaban ekologis bahwa air jernih dan pegunungan yang rimbun adalah aset yang tak ternilai

Reservoir Gangyu di Xi'an, Shaanxi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Pada tanggal 24 Maret 2015, Biro Politik Komite Sentral PKT meninjau dan mengadopsi Pedoman Percepatan Percakapan Ekologis, menekankan perlunya mempromosikan keharmonisan antara manusia dan alam, dan melindungi lingkungan dengan sistem yang paling ketat dan hukum yang paling ketat.

6. Provinsi Guangdong mengikuti filosofi pembangunan baru, dan pembangunan ekonomi dan perlindungan lingkungan saling melengkapi

Menara Canton di Guangzhou, Guangdong - Image from China Daily HK

Filosofi pembangunan baru telah ditegakkan. Sidang Pleno Kelima Komite Sentral PKT ke-18, yang diadakan dari tanggal 26 hingga 29 Oktober 2015, mengadopsi Rekomendasi Komite Sentral PKT untuk merumuskan Rencana Lima Tahun ke-13 untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial, dokumen tersebut mendefinisikan pendekatan, arah, dan fokus pembangunan Tiongkok selama periode Rencana Lima Tahun ke-13 dan mengusulkan untuk menyelesaikan pembangunan masyarakat yang cukup sejahtera dalam semua aspek pada tahun 2020.

7. Jembatan Hong Kong - Zhuhai - Macau, yang merupakan proyek penyeberangan laut terbesar di dunia dengan total panjang 55 km dan telah dibuka untuk beroperasi

Jembatan Hong Kong - Zhuhai - Macao - Image from Business Wire

Pada tahun 2017, untuk secara komprehensif mempromosikan kerjasama yang saling menguntungkan dan pembangunan bersama antara daratan dan Hongkong dan Makau, pengembangan Greater Bay Area Guangdong-Hongkong-Macau menjadi strategi nasional.

8. Pusat Konvensi dan Pameran Nasional (Shanghai), tempat Pameran Impor Internasional China pertama

Pusat Konvensi dan Pameran Nasional Shanghai - Image from Xinhua Net

Tiongko telah mengambil inisiatif untuk membuka pasar bagi dunia, mendukung liberalisasi perdagangan dan globalisasi ekonomi, dan mempertahankan perdagangan bebas, lembaga multilateral dan organisasi internasional bersama dan lebih dari 3.600 perusahaan.

9. Setelah merebaknya pandemi COVID-19, Komite Sentral PKT bekerja keras untuk mencegah dan mengendalikannya.

Xi Jinping di Wuhan, 10 Maret 2020 - Image from Xinhua Net

Mendahulukan keselamatan dan kesehatan masyarakat, Komite Sentral memimpin masyarakat dalam membangun garis pertahanan yang kokoh untuk mengatasi pandemi dan mencapai hasil strategis yang signifikan. Selain itu, Tiongkok telah secara aktif melakukan kerja sama internasional untuk memerangi pandemi dan menganjurkan membangun komunitas kesehatan manusia.

10. Tiongkok sedang berupaya membentuk pola pembangunan baru yang berfokus pada sirkulasi domestik dan menampilkan interaksi positif antara sirkulasi domestik dan internasional

Staff cun.tao.bao.com dengan Pelanggan - Image from Eleven Media

Ini memberikan permainan penuh pada potensi permintaan domestik, dan bekerja untuk mengoordinasikan pasar domestik dan internasional dengan lebih baik, dan memanfaatkan pasar dan sumber daya domestik dan internasional dengan lebih baik. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong