Baca dalam 4 menit

Indahnya Ragam Budaya di Beverly Hills-nya China Zaman Kekaisaran

Waktu Publish : 04 Sep 2021, 14:37 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL

Penampil menunjukkan seni bela diri tradisional pada Hari Warisan Budaya dan Alam di Three Lanes and Seven Alleys, tempat indah dengan kompleks arsitektur bersejarah yang terpelihara dengan baik, di Fuzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok tenggara. - Image from Xinhua Net

Bolong.id - Fujian adalah salah satu provinsi paling beragam secara budaya di Tiongkok, seperti pepatah populer di Tiongkok berbunyi "berkendara lima mil di Fujian, akan merasakan budaya berbeda, lanjut bekendara 10 mil bahasanya akan berubah".

Kota Fuzhou adalah rumah bagi berbagai kelompok etnis dan bahasa, dengan dialek Min versi Fuzhou menjadi bahasa daerah yang paling umum digunakan. Ada juga kelompok minoritas etnis Hakka dan She dalam jumlah yang lebih kecil.

Opera Min - Image from China Daily

Kerajinan tangan tetap penting di daerah pedesaan, dan kota ini terkenal dengan bentuk operanya sendiri, opera Min, serta sumber air panasnya.

Pekerjaan pernis, pahatan batu, dan pemotongan gabus disebut "Tiga Harta Karun Fuzhou". Fujian juga terkenal di seluruh Tiongkok karena varietas tehnya dan mengekspor lebih banyak teh daripada pelabuhan Tiongkok lainnya di abad ke-19.

Sanfang Qixiang: 'Bukit Beverly di Kekaisaran Tiongkok'

Sanfang Qixiang - Image from China Daily

Sanfang Qixiang, secara harfiah berarti "tiga jalur dan tujuh gang", mungkin adalah tempat No 1 yang harus dikunjungi di Fuzhou. Ini adalah distrik perumahan bersejarah di jantung kota yang dibentuk pada dinasti Tang (618-907), dengan beberapa arsitekturnya mencapai kembali ke dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911).

Atap melengkung berbentuk pelana kuda ini adalah contoh arsitektur unik Sanfang Qixiang. - Image from CNN Travel

Nama tersebut menggambarkan struktur distrik yang berasal dari jalan Nanhou tengah, terdapat tiga jalur besar di barat dan tujuh gang kecil di timur, dengan total 268 tempat tinggal kuno.

Di masa lalu, banyak dari mereka menjadi tuan rumah bagi “selebriti” Tiongkok, di antaranya rumah cendekiawan terkenal Yan Fu (1854-1921) dan penulis Bing Xin (1900-1999) serta Lin Zexu.

Itu pernah menjadi rumah bagi lebih dari 400 penduduk kaya, terkenal dan berkuasa, dan karena itu juga dijuluki Beverly Hills of Imperial China.

Sanfang Qixiang - Image from Research Gate

Ada pepatah yang mengatakan "satu Sanfang Qixiang sama dengan setengah dari sejarah modern Tiongkok". Lingkungan ini adalah distrik kota tua paling utuh di Tiongkok dan arsitektur tempat tinggalnya mempertahankan gaya Fuzhou yang unik, menjadikannya salah satu harta bersejarah dan budaya Tiongkok. Itu tertulis dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2013. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Produk Indonesia Dipromosikan Acara The Colours of Indonesia...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

culture

Mengenal Budaya Serigala Oleh Karyawan Huawei, Jam Kerja Pan...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

Forum Budaya Zhouyi 2021 Dimulai, Bahas Kerja Sama dan Inova...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Xi Jinping Ucapkan Selamat Atas Peringatan 100 Tahun Lahirny...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

culture

7 Permainan Tradisional Asli China, Mulai dari Opera Hingga ...

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1963 Pendirian Universitas Tionghoa Hong Kong

  • Lupita
  • 18 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong