Baca dalam 4 menit

Bahas Kehidupan Astronot Wanita di Luar Angkasa

Waktu Publish : 18 Oct 2021, 11:46 WIB
Sumber : CGTN
SHARE ARTIKEL

3 Astronot Tiongkok - Image from Xinhua

Beijing, Bolong.id - Astronot wanita dibahas saat Stasiun Luar Angkasa Tiongkok menyambut astronot wanita pertama Tiongkok, Wang Yaping, Sabtu (16/10/2021). Dia akan tinggal enam bulan di angkasa luar, terlama dalam sejarah perjalanan ruang angkasa Tiongkok.

Di internasional, astronot wanita hanya sekitar 11 persen. Jadi dapat dimengerti bahwa masyarakat memiliki pengetahuan yang lebih sedikit tentang kehidupan luar angkasa astronot perempuan dan bagaimana hal itu berbeda dari laki-laki.

Pakar angkasa luar Tiongkok, Pang Zhihao, mengatakan: "Astronot wanita lebih tajam dan halus dalam melakukan tugas luar angkasa dengan keterampilan komunikasi yang lebih baik," katanya dalam sebuah wawancara dengan Chinanews.com.

Menurut Pang, astronot wanita menunjukkan metabolisme magnesium yang lebih baik daripada pria dan memiliki tingkat estrogen yang lebih baik, yang membuat mereka lebih cocok untuk tinggal di luar angkasa.

Dilansir dari CGTN pada Minggu (17/10/2021), astronot pria cenderung lebih mudah terkena penyakit seperti keracunan zat besi, pembekuan darah, gangguan pembuluh darah dan juga aritmia jantung.

Astronot wanita juga perlu berurusan dengan menstruasi. Banyak yang khawatir bahwa gravitasi nol dapat menyebabkan siklus menstruasi mundur, ketika darah mengalir.

Faktanya, satu periode menstruasi di Bumi dan satu periode di luar angkasa sangat mirip.

"Astronot wanita akan mengalami menstruasi secara normal. Tapi berjalan di luar angkasa selama periode tersebut dapat menyebabkan penyakit dekompresi akibat perubahan tekanan udara. Gejalanya: pusing, nyeri, tubuh lemas, dan sesak napas), jadi tidak disarankan," kata Pang.

Bulan lalu, pesawat kargo Tianzhou-3 dikirim untuk mengisi ulang persediaan di stasiun luar angkasa, termasuk produk kebersihan - serta cokelat, makanan penutup, dan suplemen - untuk astronot wanita.

Untuk mengakomodasi astronot wanita dengan lebih baik, sistem pengumpulan limbah telah disesuaikan dengan fisik mereka yang lebih kecil. "Baju antariksa dan sarung tangannya juga telah disesuaikan untuk fleksibilitas yang lebih baik," kata Pang.

Privasi astronot wanita juga dipertimbangkan. Dalam modul orbital, tirai telah dipasang untuk menciptakan ruang pribadi.

Wang Yaping akan menjadi astronot wanita Tiongkok pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa. "Astronot wanita seringkali lebih pendek daripada pria, jadi lebih mudah bagi mereka untuk melakukan tugas yang lebih rumit dengan lebih banyak fleksibilitas," kata Pang.

Selain itu, rambut Wang di ruang angkasa menarik perhatian publik. Dalam video streaming langsung yang dikirim dari stasiun luar angkasa, kuncir kudanya melayang di udara, langsung mengarah ke atas karena gayaberat mikro.

Itu adalah salah satu topik terpanas di Weibo. Netizen sempet berkomentar bahwa dia memiliki "gaya rambut paling keren yang pernah ada" dan yang lain mengatakan dia adalah "dewi yang sebenarnya". (*)

Terkait

news

Wang Yaping, Astronot Wanita China Banjir Pujian

  • Visco Joostensz
  • 13 Nov 2021

news

Meluncur ke Luar Angkasa, Astronot Wanita Ini Bawa Kosmetik ...

  • Lupita
  • 21 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong