Baca dalam 4 menit

Karakter 'Rubah Pink' LinaBell Jadi Idola Baru di China

Waktu Publish : 30 Oct 2021, 11:04 WIB
Sumber : Sixth Tone
SHARE ARTIKEL

LinaBell - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Sifat petualang dan ramah dari karakter Disney baru telah menangkap imajinasi anak muda Tiongkok yang sering kali stres mencari pelarian. Namanya LinaBell. Setelah memulai debutnya di Shanghai Disneyland Resort bulan lalu, LinaBell telah menjadi sensasi viral di platform media sosial Tiongkok. Hingga hari Jumat (29/10/2021), sebuah tagar dengan nama karakter tersebut telah dilihat lebih dari 330 juta kali di Weibo.

“Kecemasan saya sehari-hari langsung sembuh setelah menonton videonya,” kata seorang wanita berusia 23 tahun, bermarga Tan, dari Shanghai kepada Sixth Tone. “Ini benar-benar memberi saya kepuasan spiritual. Saya tidak percaya seseorang bisa begitu terikat pada kartun, tetapi setelah bertemu LinaBell, yang dapat saya pikirkan hanyalah rubah merah muda kecil.”

Dilansir dari Sixth Tone pada Jumat (29/10/2021), LinaBell si rubah merah muda adalah bagian dari koleksi mainan "Duffy and Friends" dan dicirikan sebagai karakter yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan sangat cerdik, menurut pengantarnya di situs web Disney. Rubah ini juga memiliki kecintaan pada alam dan bakat seperti detektif untuk memecahkan misteri.

Selama bertahun-tahun, beberapa karakter kartun dan film fiksi telah menarik minat anak muda Tiongkok, dengan taman hiburan global seperti Shanghai Disney dan Universal Beijing Resort yang baru dibuka menjadi tren. Pada tahun 2018, Peppa Pig muncul sebagai ikon couture jalanan, mendorong penjualan merchandise yang melibatkan karakter kartun asal Inggris.

LinaBell mengikuti lintasan serupa. Suvenirnya di Shanghai Disney terjual habis, hanya untuk muncul kembali di platform belanja barang bekas seperti Xianyu dengan harga yang melambung. Misalnya, LinaBell berukuran sedang, yang dijual seharga 219 yuan (sekitar Rp486 ribu), sekarang harganya mencapai 888 yuan (sekitar Rp2 juta), menurut laporan media.

Di situs e-commerce seperti Taobao dan JD.com, barang dagangan terkait LinaBell — termasuk kasing telepon, ikat rambut, gelas, dan tas — telah menjadi barang terlaris. Salah satu vendor Taobao yang menjual barang-barang tersebut mengatakan kepada Sixth Tone bahwa pesanan telah melebihi 1.500 buah per bulan.

Merchandise LinaBell - Image from IC

Banyak penggemar sekarang menyebut LinaBell sebagai “putri” mereka, sementara beberapa telah menobatkannya dengan julukan seperti “selebriti wanita Chuansha,” diambil dari area di mana Shanghai Disneyland berada. Yang lain juga mulai memanggilnya “Daji of Chuansha,” mengacu pada permaisuri favorit Raja Zhou dari Shang, dan yang kemudian dimitologikan sebagai inkarnasi roh rubah.

“Semua teman wanita saya memiliki meme LinaBell, yang kini telah menjadi cara bersosialisasi dan terhubung satu sama lain,” kata Li, seorang siswa berusia 20 tahun dari Shanghai.

Analis mengatakan bahwa popularitas LinaBell tidak hanya terbatas pada penampilannya. Karakter tersebut secara khusus bergema dengan wanita muda Tiongkok karena kepribadiannya — LinaBell mematahkan stereotip karakter wanita Disney yang mungil seperti putri.

“LinaBell suka menjelajahi dunia, dan memiliki sikap yang lebih tomboy, mirip dengan citra wanita Tiongkok mandiri yang dihargai saat ini,” demikian analisis dari perusahaan konsultan Tiongkok iResearch. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong