Baca dalam 3 menit

China akan Berdialog dengan IAEA Mengenai Pembuangan Air Limbah Nuklir Jepang

Waktu Publish : 04 Jul 2021, 11:42 WIB
Sumber : People.cn
SHARE ARTIKEL

China konfirm undangan IAEA - Image from twimg

Bolong.id - Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah mengirim surat yang mengundang para ahli Tiongkok untuk berpartisipasi dalam kelompok kerja yang berkaitan dengan pembuangan air limbah nuklir Jepang, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Jumat.

Mengkonfirmasi informasi yang relevan, juru bicara Wang Wenbin mengatakan pada jumpa pers harian bahwa IAEA secara aktif mempersiapkan untuk mengumpulkan kelompok kerja setelah permintaan berulang dari para pemangku kepentingan seperti Tiongkok dan Republik Korea (ROK).

"Tiongkok akan memberikan dukungan penuh untuk tindak lanjut kerja kelompok kerja," kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa Tiongkok berharap IAEA akan mendengarkan pendapat para pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa kelompok kerja dapat memainkan perannya dalam penilaian teknis dan pengawasan pembuangan limbah nuklir Jepang.

Menekankan bahwa pembuangan air limbah nuklir adalah sangat penting dan bukan masalah pribadi Jepang, Wang mengatakan Tiongkok sangat mendesak pihak Jepang untuk menyediakan semua kerja sama yang diperlukan untuk memastikan bahwa kelompok kerja IAEA dapat melaksanakan pekerjaannya dengan lancar.

Jepang tidak boleh sembarangan memulai pembuangan laut sebelum berkonsultasi dan mencapai konsensus dengan semua pemangku kepentingan dan organisasi internasional terkait, tambah Wang. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong