Baca dalam 3 menit

Corporate Culture di Alibaba Unik, dari Handstan hingga Hadiah Cincin Emas

SHARE ARTIKEL

Jack Ma dan Karyawan - Image from akamaized.net

Jakarta, Bolong.id -Setiap perusahaan punya corporate culture. Untuk mengapresiasi kinerja karyawan. Di Alibaba. Perusahaan Multinasional sukses asal Tiongkok yang dibesut oleh Jack Ma ini punya cara unik dalam memperlakukan karyawannya.

Dilansir dari Warta Ekonomi, berikut ini sejumlah tradisi unik yang berlaku di Alibaba:

1. Perusahaan menganalogikan karyawan sebagai wine

Para karyawan Alibaba diberi julukan yang identik dengan wine, tergantung lamanya mereka menyandang status karyawan di sana. Pada tahun pertama, mereka disebut ‘fragrant’. Selanjutnya, yang sudah bekerja 3 tahun dinamai ‘mellow’, sedangkan yang sudah menginjak tahun kelima disebut sebagai ‘mature’.

2. Tradisi handstand


Hal ini sudah berlaku sejak periode platform e-commerce C2C Alibaba, Taobao mulai dibangun oleh para pendiri, termasuk Jack Ma. Handstand di Alibaba dilakukan bersama-sama. Lantas, apa tujuannya?

Ketika handstand, posisi kepala akan berada di bawah, sedangkan posisi kaki akan ada di atas. Dengan hal itu, para karyawan diharap bisa melihat dunia atau satu hal dari sisi lain.

3. Penghargaan berupa pin hingga cincin emas

Setelah bekerja selama setahun, karyawan Alibaba akan mendapatkan pin dengan logo perusahaan. Memasuki tahun ketiga, penghargaan berupa liontin batu giok dengan logo yang sama.

Nah, di tahun kelima, karyawan akan mendapatkan cincin emas 18 karat loh! Kualitas itu menunjukkan, 70-75% unsur dari cincin itu merupakan emas murni dan dapat dijual seharga Rp330 ribu per gram, sesuai kurs saat itu.

4. Ali Day pada 10 Mei


Tahun 2013 saat Tiongkok diserang wahab SARS. Sebagian besar perusahaan berhenti beroperasi karena ada larangan keluar rumah, tapi tidak dengan Alibaba.

Di tengah merebaknya wabah, para karyawan tetap menyelesaikan tugasnya dirumah. Sejak itu, 10 Mei menjadi hari bersejarah dan diperingati sebagai Ali Day sebagai apresiasi untuk seluruh karyawan dan keluarga mereka.

Wah unik ya, tradisi yang dilakukan di Alibaba, kalau tradisi di perusahaanmu seperti apa?

Terkait

culture

Mari Mengenal Budaya Payung Kertas Tradisional dari

  • Bolong team
  • 15 Jun 2020

international

Konser Musik Tiongkok-Prancis, Tanda Solidaritas Unt

  • Oki
  • 22 Jun 2020

culture

Corporate Culture di Alibaba Unik, dari Handstan hin

  • Lupita
  • 20 Nov 2020
Logo follow bolong