Lama Baca3 Menit

Perayaan Imlek di Berbagai Klenteng Besar Indonesia

23 January 2023, 13:00 WIB

Perayaan Imlek di Berbagai Klenteng Besar Indonesia-Image-1
Klenteng Tay Kak Sie di Semarang

Jakarta, Bolong.id - Imlek dirayakan di berbagai kelenteng di Indonesia. Ada yang merayakannya Minggu (22/1/2023) ada juga yang sebelumnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, di Indonesia ada banyak klenteng. Beberapa di antara klenteng itu menjadi pusat perayaan Imlek di tanah air.

Berikut klenteng-klenteng terkenal dan besar di Indonesia:

Klenteng Tay Kak Sie di Semarang

Semarang memiliki Klenteng Tay Kak Sie yang populer, karena keberadaan replika kapal Laksamana Cheng Ho yang ada di gerbang pintu masuk utama klenteng ini. 

Setiap hari, Klenteng Tay Kak Sie ramai didatangi pengunjung.

Jelang perayaan Imlek, suasana meriah sudah sangat terasa di klenteng ini dengan hiasan pernak-pernik serta cat merah dan emas yang mendominasi.

Banyak simbol dan ornamen di Klenteng Tay Kak Sie yang sengaja dibikin seperti abad ke-19.

Klenteng Surga Neraka di Singkawang

Klenteng Surga dan Neraka ini adalah klenteng terbesar di Kalimantan Barat dan merupakan pusat beribadah orang Tionghoa di wilayah Singkawang. Lokasinya berada di Kampung Sempalit, yaitu sekitar 12 km dari pusat kota Singkawang.

Ada bangunan berupa relief naga yang sangat besar di klenteng ini. Ada juga patung dewa-dewi yang merupakan kepercayaan orang Tionghoa.

Klenteng Cu An Kiong di Rembang

Jika kamu sedang berada di Rembang, Jawa Tengah, sempatkan mampir ke Kelenteng Cu An Kiong yang unik di Jl. Dasun No. 19 Soditan, Kab. Rembang. Bangunan klenteng ini terbuat dari ukiran kayu berwarna-warni yang cukup megah.

Area klenteng ini pun terbilang luas, di mana pengunjung bisa melihat altar yang dipakai Makco Tian Siang Sing Bo, yatu dewi laut yang menjadi kepercayaan orang Tionghoa. Tapi, pengunjung dilarang masuk ke area utama dan hanya boleh melihat dari luar.

Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban

Kemegahan Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur sudah dikenal di Asia Tenggara. Sebab, klenteng ini termasuk salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Bangunannya terbilang megah dengan luas sekitar 4 hektare.

Letaknya berada di Jl. RE Martadinata, Karangsari, Tuban. Klenteng ini menawarkan fasilitas dan pengalaman menarik bagi mereka yang berkunjung, karena terdapat pusat kuliner dan oleh-oleh khas China di sekitarnya. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

<<