Baca dalam 3 menit

Sekilas Tentang Marga Lin (林) "Hutan" dan Para Tokoh Penyandangnya

Waktu Publish : 08 Nov 2020, 07:45 WIB
SHARE ARTIKEL


Tokoh Marga Lin - Image from Bolong.id

Jakarta, Bolong.id -Lin (Hanzi: 林, ejaan lain Lim, Liem) adalah marga yang umum digunakan di Tiongkok. Marga Lin terbanyak ke-16 di daratan Tiongkok, sekitar 1%, atau sekitar 1,4 juta jiwa. Di Taiwan marga Lin merupakan marga terbanyak ke-2 sekitar 9% dari populasi. Di provinsi Fujian, Tiongkok, jangan tanya. Marga ini paling banyak di sana.

Selain di Tiongkok dan Taiwan, Marga Lin menyebar di negara tetangga seperti Jepang dan Korea, serta Negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, Singapura, termasuk Indonesia.

Sejarah

Raja Zhou (berkuasa 1154 SM - 1122 SM), raja terakhir Dinasti Shang. Sang raja punya tiga orang paman, pengurus dan penasihat. Bi Gan, Qi Zi dan Wei Zi. Bi Gan adalah putra Pangeran Ding, putera dari Raja Shang, kakek dari Raja Zhou.

Di bawah kekuasaan Raja Zhou, rakyat Dinasti Shang sangat menederita. Ketiga pamannya itu mencoba membujuk Zhou untuk mengubah cara pemerintahannya. Namun gagal,

Wei Zi mengundurkan diri, Qi Zi diberhentikan dari jabatannya karena pura-pura gila, dan Bi Gan tetap pada tujuannya. "Orang yang takut dibunuh, karena takut berkata jujur, sungguh tidak bijaksana" kata Bi Gan.

Raja Zhou marah dan menolak saran dari sang Paman, dengan alasan pemberontakan Zhou memerintahkan penangkapan dan pemberhentian Bi Gan. Penyebabnya, Bi gan selalu bicara jujur.

Ketika mengetahui hal tersebut, Istri Bi Gan yang sedang hamil berlari ke hutan untuk melindungi diri. Karena dia tahu Raja Zhou akan membunuh Bi Gan dan semua keluarganya. Istri Bi Gan, melahirkan bayi laki-laki di dalam hutan, tanpa bantuan siapapun, yang diberi nama Jian.

Tidak lama kemudian, Raja Zhou digulingkan dan dibunuh oleh Raja Zhou Wu Wang (Dinasti Zhou, 1134 SM - 256 SM). Segera, Zhou Wu Wang memerintahkan prajurit mencari istri dan anak Bi Gan. Yang dicari pun ketemu.

Raja kemudian menganugerahi Marga Lin (林; yang berarti Hutan) kepada anak Bi Gan, Jian (堅) karena dia lahir di dalam hutan. Namanya jadi Lin Jian.

Keturunan Lin Jian (林堅) kemudian terus menggunakan karakter Lin sebagai marganya, dan berkembang menjadi Marga Lin yang mayoritasnya berada di Provinsi Henan.

Penyebutan Marga Lin

Di Tiongkok, pada umumnya 林 dieja "Lin", namun dominan di Hongkong dieja "Lam". Di Korea, 임 (dieja Im). Sedangkan di Jepang, Hayashi yang merupakan nama umum orang jepang, ditulis dengan karakter 林, yang juga berarti "Hutan".

Di Thailand dan Indonesia umum dieja "Liem" atau "Lim'", dan di-Indonesia-kan menjadi "Halim", "Salim", Limanto, Limantoro, Limianto, Limijanto, Liemena, Alim, Limawan, Liemantika, Liman, Limbong, Lumoindong, Lumintang, Lintang, Lembata, Laksono, Lantara, Taslim, Lingga, dan lain-lain.

Tokoh

Lin Dan - pebulu tangkis Tiongkok
Lin Yifu - ekonom Bank Dunia
Lin Xinru (Ruby Lin) - aktris Taiwan
Lin Ching-Hsia (Brigitte Lin) - aktris Taiwan
Ariel Lin - Penyanyi asal Taiwan

Tokoh Lim di Indonesia

Liem Soei Liong (Sudono Salim)
Liem Swie King - Pemain Bulu Tangkis
Ferry Salim - Aktor
Brandon Salim - aktor dan pembawa acara
Alim Markus - Pengusaha dan pemilik Maspion Grup
Jahja Ling - Dirigen Okestra
Lim Koen Hian
Lim Kok Bie
Lim Keng Kie
Lim Soen Joe
Lim Hwe Chan
Liem Seeng Tee - Pendiri PT. HM Sampoerna
BT Lim
Lin Che Wei
Liem Khing Hoo - Penulis
Liem Siauw Bok - Ketua Voli Indonesia
Liem Xiao Ming
Davidson Laksono Lim - Model dan Desain Interior
Junior Liem - Aktor
Lim sheng hui
Lin Mei Hang (Thalia) - Pembawa acara
Jusuf Wanandi - Politikus
Sofjan Wanandi - Peneliti bidang politik
Irwan Hidayat - Direktur PT. Sido Muncul

Jadi itu sedikit informasi mengenai marga Lin (林), sejarah yang panjang dan banyak orang sukses yang membanggakan marga Lin karena prestasinya, sekarang tahu kan asal usul marga Lin yang ada di nama kalian?

Terkait

news

China Luncurkan Layanan Rekrutmen Khusus Online 2021

  • Lupita
  • 10 May 2021

lifestyle

Mengenal Aktor China Lin Yi

  • Djono W. Oesman
  • 07 May 2021

lifestyle

Bill Gates Umumkan Harta Gono-gini Perceraiannya

  • Visco Joostensz
  • 07 May 2021

lifestyle

Selama Libur May Day Lalu Lintas China Lancar dan Aman

  • Visco Joostensz
  • 06 May 2021

lifestyle

Bill Gates - Melinda Cerai Setelah 27 Tahun Menikah

  • Lupita
  • 06 May 2021

news

Beijing Tindak Keras Penerbitan Ilegal Untuk Informasi Perum...

  • Lupita
  • 04 May 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong