Baca dalam 4 menit

Astronot Shenzhou-13 Lakukan Latihan Evakuasi Darurat Pertama di Orbit

Waktu Publish : 07 Nov 2021, 14:21 WIB
Sumber : 新京报
SHARE ARTIKEL

Astronot Shenzhou-13 - Image from CCTV

Bolong.id - Menurut informasi dari CCTV, astronot Shenzhou-13 Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu telah berada di luar angkasa selama lebih dari 20 hari. Pekerjaan tiga astronot di Shenzhou 13 sangat intens dan teratur. Selain persiapan untuk misi pertama di luar kabin, mereka juga melakukan latihan evakuasi darurat pertama di orbit.

Dilansir dari 新京报 pada Minggu (7/11/2021), reporter CCTV Liu Guanqing melaporkan bahwa, ini adalah aula pemantauan Astronaut Support Center dari Astronaut Center. Awak astronot Shenzhou-13 saat ini sedang menjalani latihan evakuasi darurat pertama mereka selama pekerjaan di orbit mereka. Latihan ini mensimulasikan dampak dari modul inti dan kehilangan tekanan internal.

Lingkungan luar angkasa sangat kompleks dan berbahaya. Salah satu ancaman utama yang dihadapi stasiun luar angkasa adalah dampak dari puing-puing eksternal. Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk memastikan bahwa para astronot dapat mengungsi dengan aman setelah stasiun luar angkasa rusak dan tertekan. Latihan dimulai dengan alarm kehilangan tekanan di stasiun luar angkasa. Astronot Zhai Zhigang dengan cepat menggunakan instrumen untuk membuat penilaian, dan Ye Guangfu dengan cepat membuka tabung gas darurat untuk memastikan bahwa tekanan di kabin stabil.

Wang Chunhui, Wakil Kepala perancang sistem astronot Pusat Astronot Tiongkok mengatakan bahwa, ini adalah kriteria, yaitu, seberapa banyak tekanan kabin turun, dan berapa tingkat penurunannya. Itu harus ditangani dengan tepat. Setelah membuka tabung gas darurat, kedua astronot harus membuat penilaian mereka sendiri dan membuat penilaian awal di mana ada kebocoran. Jika tidak, mereka harus pergi untuk melihat apakah pesawat ruang angkasa berawak itu bocor sesegera mungkin. Jika pesawat ruang angkasa berawak itu bocor mereka perlu menutup palka masing-masing.

Para astronot Wang Yaping dan Ye Guangfu dengan cepat menutup pintu Tianzhou 2 dan Tianzhou 3. Hanya dalam beberapa menit, ketiga astronot kembali ke modul Shenzhou-13. Seluruh ruang latihan dikoordinasikan dengan lancar dan ditangani dengan cepat dan tepat.

Wang Chunhui, wakil kepala perancang sistem astronot, China Astronaut Center mengatakan bahwa, faktanya, di seluruh desain stasiun ruang angkasa, keselamatan hidup para astronot adalah standar tertinggi dan paling ketat. Oleh karena itu, desain stasiun ruang angkasa mempertimbangkan berbagai rencana kegagalan. Salah satu intinya adalah untuk memastikan keselamatan para astronot, termasuk kehilangan tekanan kabin semacam ini, kebakaran, dll, yang semuanya berada dalam cakupan seluruh desain rencana kegagalan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong