Xiaole, Robot yang Jago Main Piano di Hangzhou

25 January 2023, 11:51 WIB

Xiaole, Robot yang Jago Main Piano di Hangzhou-Image-1
Xiaole, robot pemain piano, dilaporkan dapat mengenali emosi manusia. - Classic fm

Hangzhou, Bolong.id - Pemain piano handal di sebuah restoran di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok ini, namanya Xiaole. Bukan manusia, melainkan robot.

Dilansir dari Classic fm (23/01/2023) Tidak ada penjelasan detil lokasi dan nama restoran itu. Tapi, Xiaole terkenal lewat medsos.

Xiaole memainkan piano menggunakan sistem persepsi visual presisi tinggi. Artinya, jari Xiaole tidak pernah meleset pada tuts, sesuai nada yang diinginkan, berdasarkan program.

Selain lincah di jari, Xiaole juga fleksibel menggerakkan tangan, lengan, pundak, dan pinggang. Agar ia bisa menjangkau semua tuts pada jarak yang terjauh dari tempat ia duduk.

Namun, tambahan penting untuk semua kemampuan luar biasa ini adalah bahwa Xiaole mampu mengenali wajah manusia. Ia juga mampu membaca emosi penontonnya – mungkin melihat apa yang dipikirkan pakar tentang penampilannya.

Tetapi mengapa robot pemain piano juga perlu membaca dan memahami pendengarnya? Karena, ia akan memberi hormat, ketika mendengar suara tepukan penonton.

Xiaole dibuat oleh Tiongkok's Zhejiang Lab, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di Hangzhou dengan spesialisasi di bidang Kecerdasan Buatan. 

Xiaole bukanlah robot pemain piano pertama yang dibuat oleh Zhejiang Lab. Pada 2021, lembaga penelitian tersebut memamerkan android yang memainkan piano juga menganalisis karakter penontonnya.

Xiaole, Robot yang Jago Main Piano di Hangzhou-Image-2
Sebuah robot oleh Zhejiang Lab memainkan piano setelah menganalisis karakter penonton selama Apsara Conference 2021. - Classic fm

Selanjutnya, kemampuan Xiaole untuk membaca emosi manusia mungkin berasal dari pembelajaran robot pertama ini, dan berpotensi terkait dengan cara manusia membuat, memainkan, dan memahami musik.

Ekspresi manusia pada akhirnya adalah inti dari semua pembuatan musik, dan menarik untuk melihat pemahaman ini bergema dan dipahami oleh para ilmuwan yang bekerja di ujung tombak pengembangan Kecerdasan Buatan.

Terlepas dari betapa mengesankannya keterampilan mekanik dan perintah keyboard robot, penelitian dan pengembangan untuk membantu AI memahami emosi dan memprosesnya dalam tugas dan keterampilan mereka sendiri dapat membuka genre baru musik yang dipelajari mesin.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

<<