Baca dalam 4 menit

China Bikin Robot Penyortir Paket, Banyak Diekspor Ke Luar Negeri

Waktu Publish : 29 Nov 2021, 17:49 WIB
SHARE ARTIKEL

Robot penyortir paket - Image from 思远军事

Bolong.id - Ketika belanja online di Tiongkok, orang-orang tidak hanya dapat memilihi produk yang murah, kualitas yang dapat diandalkan, dan layanan yang berkualitas tinggi, barang yang dibeli juga dapat dikirim dalam waktu 3 hari. China Express mengirim begitu cepat? Ini tidak dapat dipisahkan dari sejumlah besar robot pemilah yang bekerja di belakang layar.

Ketika Anda datang ke gudang pusat logistik, Anda dapat menemukan bahwa itu seperti film fiksi ilmiah. Sejumlah besar robot cerdas mengangkut paket ke pelabuhan pengiriman yang sesuai, yang secara langsung meningkatkan efisiensi penyortiran pengiriman ekspres. Sekarang robot penyortiran Tiongkok telah banyak diekspor ke negara-negara asing.

Mengapa robot penyortiran begitu penting? Jika familiar dengan proses pengiriman ekspres, maka mudah untuk memahami hal ini. Setelah pelanggan melakukan pemesanan di platform, merchant akan menyelesaikan pengemasan produk dan menunggu kurir mengambil paket.

Setelah kurir menerima paket, ini baru langkah awal, karena jumlah paket yang perlu diangkut oleh suatu kota setiap hari mungkin mencapai ratusan ribu atau lebih. Untuk memudahkan pengelolaan pengiriman, paket yang dikirim ini akan dipusatkan ke pusat logistik untuk diproses.

Dilansir dari 思远军事 pada Minggu (28/11/2021), di pusat logistik, paket akan dibagi lagi. Misalnya, menurut provinsi dan kota yang berbeda, distribusi terpisah dilakukan. Ketika ada acara seperti festival belanja, jumlah pengiriman ekspres akan meningkat tajam, dan menyebabkan personel terlalu sibuk.

Meskipun mereka bekerja 24 jam sehari, paket dapat ditempatkan di lokasi yang salah, yang dapat menyebabkan keluhan pelanggan. Jika robot pintar digunakan untuk menyortir paket, seluruh proses akan jauh lebih mudah.

Dibandingkan dengan manual, robot penyortir hanya perlu memindai kode batang untuk mengetahui informasi pengiriman ekspres, sehingga dapat mengangkut paket ke tempat pengiriman yang ditentukan. Selain itu, robot penyortir berukuran kecil, sehingga pusat logistik dapat menampung ratusan robot untuk bekerja. Ini setara dengan ratusan karyawan yang tidak kenal lelah, dan semua tindakan dikendalikan oleh program, yang dapat memastikan akurasi pengiriman semaksimal mungkin, serta juga dapat menghemat biaya tenaga kerja.

Pengembangan teknologi ini di Tiongkok juga untuk kepentingan seluruh umat manusia. Untuk negara asing, pengeluaran utama pengiriman ekspres adalah biaya tenaga kerja. Dengan robot penyortiran ekspres buatan Tiongkok, bagian pengeluaran ini dapat dikurangi secara efektif, dan pada saat yang sama, pengiriman ekspres dapat diinvestasikan. Pengiriman juga menjadi lebih efisien. Tampaknya teknologi benar-benar dapat mengubah kehidupan manusia. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

technology

China Diharapkan Jadi Pusat Global Manufaktur Robotika Kelas...

  • Lupita
  • 22 Jan 2022

technology

Robot Vaksinasi Tanpa Jarum Pertama di China

  • Lupita
  • 19 Jan 2022

technology

Robot Curling Bakal Interaktif di Olimpiade Beijing 2022

  • Djono W. Oesman
  • 03 Jan 2022

technology

Robot Pindai Bisheng Intelligent Technology Muncul di Pamera...

  • Djono W. Oesman
  • 14 Dec 2021

news

Viral, Seorang Pria China Berjalan Dengan Robot Anjing di Ja...

  • Lupita
  • 07 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong