Baca dalam 5 menit

Kampanye Rendah Karbon China Menembus Setiap Bidang Kehidupan Masyarakat

Waktu Publish : 20 Nov 2021, 11:32 WIB
SHARE ARTIKEL

Relawan muda mengendarai sepeda bersama dalam kegiatan yang diadakan untuk mempromosikan gaya hidup rendah karbon di kota Zaozhuang, provinsi Shandong, China timur, 25 Agustus 2021. - Image from People Daily China

Bolong.id - Tiongkok telah mendorong ke depan dengan pengurangan emisi karbon menyeluruh untuk mempromosikan transisi hijau yang komprehensif dari pembangunan ekonomi dan sosial, tidak hanya melakukan reformasi besar di industri utama, tetapi mencari perubahan berorientasi hijau pada detail sepele kehidupan masyarakat.

Dilansir dari People Daily China, pengurangan emisi karbon, seperti yang diketahui banyak orang, lebih sering dianggap sebagai tugas industri seperti energi, transportasi, dan manufaktur. Tiongkok, sementara memotong emisi karbon di industri ini dengan konsumen energi utama dan penghasil karbon utama, juga memperhatikan penghijauan sektor jasa yang lebih erat terkait dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Beberapa hari yang lalu, seorang teman saya yang sering pergi ke teater memberi tahu saya bahwa e-tiket tanpa kertas menjadi lebih banyak dilihat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada awalnya, teman saya tidak terbiasa dengan e-tiket karena dia menganggap tiket yang dirancang dengan rumit dan dicetak dengan indah dapat dikoleksi. Namun, kemudian, dia secara bertahap menemukan e-tiket lebih nyaman.

“Mencetak tiket kertas berarti konsumsi energi. Jadi kami benar-benar melakukan bagian kami untuk pengurangan emisi karbon, ”katanya.

Data dari platform tiket menunjukkan bahwa mereka telah menjual 23 juta tiket elektronik dalam tiga tahun terakhir, yang setara dengan pengurangan emisi karbon sekitar 1.400 ton dan konsumsi listrik sekitar 1,4 juta kWh.

Tiongkok telah melihat hasil dalam pengurangan emisi karbon di sektor jasa, contoh yang baik adalah manfaat ekologis yang dibawa oleh 23 juta tiket elektronik.

Dari perspektif yang lebih luas, karena industri jasa menyangkut banyak konsumen, setiap perubahan kecil dalam hubungan konsumsi mereka, bila diakumulasikan, akan memiliki efek yang tidak dapat diabaikan.

Anggota staf pertanian ramah lingkungan, yang juga merupakan daerah yang indah, di kota Huzhou, provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, memasukkan seikat anggur ke dalam kantong kertas. Semua produk yang dibeli dari peternakan dikemas dalam kantong plastik dan kantong kertas yang dapat terurai, 2 September 2021. - Image from People Daily China

Selain itu, mempromosikan pengurangan emisi karbon di area kecil di sektor jasa tidaklah sulit. Sementara renovasi dan peningkatan pabrik membutuhkan banyak tenaga kerja, bahan dan dana, pengurangan emisi karbon di sektor jasa memiliki persyaratan yang lebih rendah untuk peningkatan peralatan dan rekayasa ulang proses dan lebih bergantung pada konsep operasional perusahaan.

Upaya untuk mempromosikan pengurangan emisi karbon di sektor jasa telah memberikan pengaruh yang kuat pada masyarakat Tiongkok. Ketika konsep pembangunan hijau berlaku, mencari pendekatan rendah karbon secara bertahap menjadi keputusan sadar penyedia layanan.

Pada saat yang sama, perubahan kecil di sektor jasa mengubah psikologi konsumen di Tiongkok dan memungkinkan konsumen untuk mengembangkan lingkungan yang lebih baik untuk pembangunan hijau bersama dengan penyedia layanan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah mengambil banyak langkah untuk menghemat energi dan mengurangi emisi karbon, termasuk menyerukan kepada orang-orang untuk menyetel AC pada suhu yang lebih tinggi di musim panas dan tidak meminta peralatan makan sekali pakai saat memesan makanan untuk dibawa pulang secara online, serta mendorong penerapan e-bills dan daur ulang sampah.

Diyakini bahwa negara ini pasti akan menyaksikan lebih banyak buah dalam pengurangan emisi karbon selama mempertahankan momentum saat ini. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

culture

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Natal di China

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

news

Asrama Pembangkit Listrik Mingtai Terbakar, 8 Tewas 5 Luka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

news

Jalur KA Cepat Laos-China Dibuka

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

business

China Jadi Pasar Robot Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 06 Dec 2021

lifestyle

6 Lokasi Wisata Menarik di Hangzhou

  • Djono W. Oesman
  • 06 Dec 2021

technology

Produksi Garam Tanah, China Teliti Tanaman yang Tahan Garam

  • Lupita
  • 06 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong