Baca dalam 3 menit

Membuat Chilli Oil khas China, Begini Caranya

Waktu Publish : 03 Nov 2021, 17:09 WIB
SHARE ARTIKEL

Minyak Cabai khas Tiongkok - Image from t12.baidu.com

Bolong.id - Chili oil atau minyak cabai dalam bahasa Mandarin disebut Lajia you (辣椒油). Minyak ini dibuat dari cabai kering yang beri beberapa rempah lain dan direndam di dalam minyak sayur, sehingga warnanya merah kecokelatan dan memiliki rasa pedas yang menggigit.

Jika kamu ingin menikmati sambal ini kamu juga bisa membuatnya dirumah dengan mengikuti cara sederhana ini.

Langkah pertama: Masukkan cabai bubuk, wijen, dan garam ke dalam wadah, aduk rata sesuai selera, gunakan wadah yang besar, agar saat menuang minyak bisa lebih mudah.

Tips: Sebaiknya tidak memilih cabai yang terlalu halus, karena butiran bubuk cabai yang terlalu kecil dapat mempengaruhi rasa minyak menjadi kurang lezat.

Langkah 2: Ambil sedikit daun bawang dan potong menjadi beberapa bagian, iris jahe, dan sisihkan. Potong ketumbar menjadi dua bagian dari tengah dan sisihkan.

Langkah 3: Siapkan wajan, daan masukkan minyak untuk dipanaskan. Saat minyak sudah panas, masukkan merica, daun bawang, irisan jahe, daun salam, dan ketumbar ke dalam penggorengan untuk di tumis.dan tumis dengan api sedang.

Langkah 4: Setelah bumbu dan minyak sudah ditumis, tuangkan ke dalam bubuk cabai yang sudah disiapkan sebelumnya dan aduk rata. Pada saat ini, harus diperhatikan bahwa minyak tidak dituangkan ke dalam bubuk cabai semuanya.

Tapi dengan cara menuangkan setengah minyak ke dalam bubuk cabai terlebih dahulu, aduk rata dengan sumpit, tunggu sampai bubuk cabai menyerap sepenuhnya, lalu tuangkan setengah minyak lainnya ke dalam bubuk cabai tesebut, dan aduk lagi. Tunggu sampai minyak cabai tercampur rata, dan minyak cabai siap dinikmati.(*)

Informasi seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong