Baca dalam 6 menit

10 Rempah Bumbu Masakan China

Waktu Publish : 05 Aug 2021, 10:45 WIB
SHARE ARTIKEL

Rempah dalam Bumbuh 5 Rempah khas Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Jakarta, Bolong.id - Masakan Tiongkok dikenal kaya bumbu. Dilansir dari China Highlights, berikut daftar rempah-rempah yang kerap jadi bumbu di Tiongkok:

1. Jahe (姜 jiāng)

Jahe - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Rempah ini paling umum untuk bumbu masakan Tiongkok. Biasanya digunakan bersama dengan bawang putih dalam masakan tumis, sup, dan saus.

masakan pengobatan Tiongkok, jahe dianggap sebagai ramuan panas, dengan Yang yang tinggi. Ini adalah ramuan yang lebih disukai oleh pria yang membutuhkan lebih banyak Yang daripada wanita pada umumnya.

2. Bawang putih (大蒜 dàsuàn)

Bawang putih - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bawang putih sering digunakan untuk membumbui masakan tumis bersama jahe. Ini digunakan di seluruh masakan Tiongkok. Bawang putih juga merupakan ramuan Yang tinggi. Seperti jahe, dapat digunakan untuk mengisi Yang di dalam tubuh. Ini adalah ramuan antioksidan, antibiotik, dan antivirus yang kuat.

3. Star Anise / Bunga Lawang (八角 bājiǎo)

Star anise - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Ini adalah bahan yang sangat umum digunakan dalam masakan Tiongkok. Ini juga merupakan salah satu dari 5 bahan yang biasa digunakan dalam ramuan bumbu yang sangat populer di Tiongkok yang disebut bubuk 5 rempah (五香 wǔxiāng).

4. Cengkih (丁香 dīngxiāng)

Cengkih - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Cengkih biasa digunakan dalam masakan Tiongkok. Ini adalah salah satu bahan standar dalam bumbu lima rempah yang umumnya terdiri dari lada hitam atau merica, star anise, biji adas, cengkih, kayu manis, dan garam.

Cengkih membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol diabetes, melawan kanker, dan mungkin memiliki sifat anti-mutagenik dan anti-mikroba.


5. Cabai (辣椒 làjiāo)

Cabai kering - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Cabai banyak digunakan dalam masakan Tiongkok. Ini sering dikeringkan untuk membuat serpihan cabai atau bubuk cabai, pasta cabai, dan minyak cabai.

Bubuk cabai, serpih, dan pasta banyak digunakan dalam masakan Tiongkok terutama di timur laut yang lebih dingin dan daerah sekitar Sichuan dan Guangxi. Cabai segar juga banyak digunakan untuk memasak. Orang-orang di Provinsi Hunan suka menggunakan cabai segar dalam masakan mereka.

6. Cassia / Kayu manis Tiongkok (肉桂 ròuguì)

Cassia / kayu manis Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Di Tiongkok, cassia dimakan secara luas. Ini adalah salah satu bahan standar bubuk lima rempah, tetapi orang Tiongkok semakin banyak menggunakannya untuk membuat makanan penutup, kue kering, permen, dan minuman, dan untuk membumbui hidangan daging.

7. Daun bawang (葱 cōng)

Daun bawang - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Daun bawang mungkin adalah jenis ramuan yang banyak digunakan berikutnya. Mereka sering ditambahkan dalam tumisan seperti nasi goreng. Mereka juga dapat ditambahkan ke sup, seperti sup mie yang biasa dimakan seperti mie tarik/lamian (拉面).

8. Biji wijen (芝麻 zhīma)

Biji wijen - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Biji wijen dan terutama minyak wijen adalah cita rasa khas masakan Tiongkok. Biji dan/atau minyak dapat ditambahkan ke masakan yang digoreng seperti nasi goreng, ditambahkan ke makanan penutup dan makanan seperti roti, dan ditambahkan dengan kecap untuk membuat saus.

9. Lada hitam (黑胡椒 hēihújiāo)

Lada hitam - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Rempah ini umum di Tiongkok, tetapi tidak terlalu sering digunakan seperti rempah-rempah sebelumnya. Orang Tiongkok lebih sering menggunakannya daripada merica Sichuan, yang rasanya ebih pahit dan membuat mulut lebih mati rasa. Lada terutama disukai di sekitar Sichuan.

10. Adas (小茴香 xiǎohuíxiāng)

Adas - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Rempah ini biasanya termasuk dalam bumbu lima rempah. Adas digunakan secara berbeda dalam pengobatan dan masakan Tiongkok daripada star anise yang dianggap memperkuat Yang. Adas diduga dapat meningkatkan Yin dalam tubuh, sehingga adas adalah bumbu yang lebih disukai oleh wanita.

Tiongkok, lebih umum digunakan di Tiongkok selatan, di mana adas tumbuh. Ini digunakan untuk membuat kari Tiongkok. (*)

Terkait

health

Segudang Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

  • Alifa Asnia
  • 31 Jan 2021

health

Saffron, Rempah Termahal di Dunia, Ini Alasannya

  • Lupita
  • 14 Dec 2020

culture

Kwetiau, Hidangan Asal Tiongkok yang Popular di Indonesia

  • Lupita
  • 29 Nov 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong