Baca dalam 4 menit

Kilas Balik Pertandingan Olimpiade Musim Panas Beijing 2008

Waktu Publish : 04 Nov 2021, 15:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Pertandingan Olimpiade Musim Panas 2008 - Image from baidu.com

Bolong.id - Pertandingan Olimpiade Musim Panas Modern ke-29 (bahasa Inggris: Games of the XXIX Olympiad; bahasa Prancis: les Jeux de la 29e Olympiade), juga dikenal sebagai Olimpiade Musim Panas 2008, umumnya dikenal sebagai Olimpiade Beijing, akan berlangsung dari 8 Agustus 2008 hingga Diselenggarakan pada tanggal 24 di Beijing, ibu kota RRC. Olimpiade ini merupakan Olimpiade Musim Panas pertama yang diselenggarakan oleh Tiongkok dan juga ketiga kalinya Olimpiade Musim Panas diadakan di negara-negara Asia setelah Olimpiade Tokyo 1964 dan Olimpiade Seoul 1988. Ini juga ketiga kalinya setelah Olimpiade Moskow 1980 dan Olimpiade Musim Dingin Sarajevo 1984. Pertandingan Olimpiade diadakan untuk ketiga kalinya di negara sosialis. Pada saat yang sama, ini adalah Olimpiade pertama yang diadakan di Asia pada abad ke-21.

Sebagian besar acara kompetisi diadakan di Beijing, dan beberapa acara diadakan di kota-kota Tiongkok lainnya: Shanghai, Tianjin, Shenyang, dan Qinhuangdao mengadakan acara sepak bola, dan acara berlayar diselenggarakan oleh Qingdao. Pada tanggal 8 Juli 2005, pada rapat pleno ke-117 Komite Olimpiade Internasional yang diadakan di Singapura, diputuskan bahwa Daerah Administratif Khusus Hong Kong akan bersama-sama menyelenggarakan acara berkuda Olimpiade. Karena Hong Kong memiliki Asosiasi Olahraga Hong Kong dan Komite Olimpiade Tiongkok yang independen, ini adalah pengaturan yang dilakukan oleh Komite Olimpiade kedua wilayah, ini adalah yang kedua kalinya dalam sejarah Olimpiade.

Sebanyak 43 rekor dunia baru dan 132 rekor Olimpiade baru dihasilkan dalam Olimpiade ini, dan 87 negara telah masuk dalam daftar medali. Negara tuan rumah, RRC, menempati posisi teratas dalam daftar medali emas dengan 51 medali emas (dan kemudian 48 karena larangan obat oleh pemain). Ini adalah negara Asia pertama dalam sejarah Olimpiade yang menduduki puncak daftar medali emas dan memperkuat status China sebagai kekuatan olahraga.

Amerika Serikat memiliki 112 medali (36 emas, 39 perak, 37 perunggu) sebagai negara dengan medali terbanyak di Olimpiade. Dua "penerbang" di atas air dan di darat telah lahir di Olimpiade ini-Pemain Amerika Michael Phelps dan pemain Jamaika Usain Bolt telah mencapai prestasi terkenal di dunia. Yang pertama menang berturut-turut di "Water Cube" Delapan medali emas, tidak hanya menjadi atlet yang memenangkan medali emas terbanyak di Olimpiade yang sama, tetapi juga menjadi atlet yang memenangkan medali emas terbanyak di Olimpiade Musim Panas. Yang terakhir memenangkan 100 meter putra dan 200 putra di "Sarang Burung" dalam waktu delapan hari dengan dunia rekor Dengan tiga medali emas di estafet 4x100m putra, ia dipuji sebagai pelari tercepat di dunia. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong