Baca dalam 3 menit

Peringati Hari Toilet Sedunia, China Tingkatkan Perbaikan Toilet Umum

Waktu Publish : 20 Nov 2021, 11:35 WIB
SHARE ARTIKEL

Toilet keluarga di area layanan di Jalan Tol Shanghai–Chengdu, Tiongkok, 15 November 2020. - Image from CGTN

Bolong.id - 19 November kemarin menandai Hari Toilet Sedunia, hari yang ditetapkan oleh PBB untuk menarik perhatian pada krisis sanitasi di seluruh dunia. Tema tahun ini adalah "Menghargai Toilet".

Tiongkok telah melakukan upaya untuk memperbaiki toilet umum dalam beberapa tahun terakhir. Tiongkok meluncurkan "revolusi toilet" pada tahun 2015 untuk mengatasi masalah sanitasi di lokasi wisata. Data terakhir menunjukkan sekitar 64.000 toilet dibangun atau direnovasi dari 2018 hingga 2020 di tempat-tempat wisata.

Kampanye ini kemudian diperluas dari kota ke daerah pedesaan, dan lebih banyak rumah tangga pedesaan sekarang memiliki akses ke toilet bersih. Hingga akhir tahun 2020, cakupan jamban di pedesaan telah melampaui 65 persen. Kembali pada tahun 1993, jumlah itu hanya 7,5 persen, menurut Departemen Pertanian dan Urusan Pedesaan.

Dilansir dari CGTN pada Sabtu (19/11/2021), Tiongkok juga telah membangun toilet keluarga untuk memenuhi kebutuhan orang yang berbeda, terutama anak-anak, orang tua dan orang cacat, serta mereka yang membutuhkan bantuan dari orang lain.

Ada sekitar 250 juta anak di bawah usia enam tahun, 260 juta orang tua berusia 65 tahun ke atas, dan 85 juta orang cacat di Tiongkok, menurut statistik. Toilet dengan fasilitas ramah penyandang disabilitas ini dapat memenuhi permintaan mereka dengan lebih baik dan memberikan lebih banyak kenyamanan.

Sejak 2016, distrik komersial utama, rumah sakit, dan pusat transportasi di beberapa kota telah mulai memasang toilet semacam itu. Selain itu, semua tempat wisata tingkat 5A, tingkat tertinggi bangsa dalam hal kualitas pariwisata, harus dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 3,6 miliar orang di seluruh dunia saat ini kekurangan sanitasi yang aman. Ide revolusi toilet awalnya diusulkan oleh Dana Anak PBB untuk memperbaiki kondisi toilet di semua negara berkembang.

Organisasi Toilet Dunia didirikan pada 19 November 2001 dan Hari Toilet Sedunia didirikan pada hari yang sama pada 2013. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong