Baca dalam 2 menit

Rumah Bentuk Segi Lima Berusia 5.500 Tahun Ditemukan di China Utara

Waktu Publish : 14 Nov 2021, 18:04 WIB
SHARE ARTIKEL

Sebuah gambar menampilkan lokasi rumah segi lima di Taiyuan, Provinsi Shanxi, Cina utara. /Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Taiyuan - Image from CGTN

Shanxi, Bolong.id - Para arkeolog telah menemukan reruntuhan struktur pentagonal yang berusia 5.500 tahun di kota Taiyuan, Provinsi Shanxi, Tiongkok utara.

Dilansir dari CGTN, sisa-sisa, yang digali di sebuah lokasi konstruksi di Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi, diyakini milik periode tengah dan akhir Budaya Yangshao, menurut Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Taiyuan.

Sebanyak 98 lubang abu, 11 tempat pembakaran tembikar, dua rumah dan enam makam dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911) ditemukan di situs tersebut, di antaranya penemuan yang paling menonjol adalah rumah segi lima yang menutupi sekitar 32 meter persegi, kata Pei Jingrong, seorang peneliti di institut tersebut.

Potongan tembikar yang melimpah telah digali di rumah, termasuk ceret tembikar berisi pasir, pot tembikar abu-abu yang diisi pasir, pot tembikar merah, dan botol dengan dasar yang tajam, kata Pei.

Penemuan ini memiliki nilai akademis yang besar untuk mempelajari fitur budaya Zaman Neolitik di Cekungan Taiyuan dan pertukaran budaya prasejarah di Taiyuan dan sekitarnya, menurut para ahli.

Berasal dari sekitar bagian tengah Sungai Kuning, Budaya Yangshao dianggap sebagai aliran penting peradaban Tiongkok dan dikenal luas karena teknologi pembuatan tembikarnya yang canggih. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong