China Launching Satelit Baru dari Taiyuan

27 December 2021, 08:36 WIB

China Launching Satelit Baru dari Taiyuan-Image-1

Dokumentasi peluncuran satelit - Image from Xinhua

Taiyuan, Bolong.id - Tiongkok mengirim satelit Sumber Daya, ZY-1 02E ke orbit yang direncanakan dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan di Provinsi Shanxi, Tiongkok utara, pada Minggu (26/12/2021) pukul 11.11 waktu Beijing.

Dilansir dari 每日经济新闻 pada Minggu (26/12/2021), satelit diluncurkan oleh roket Long March-4C.

Satelit, yang dikembangkan oleh Akademi Teknologi Luar Angkasa Tiongkok, akan bekerja di orbit sinkron matahari. Satelit ini membawa kamera inframerah-dekat, kamera hiperspektral dan kamera inframerah, menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok.

Satelit sumber daya lainnya, ZY-1 02D, dikirim ke orbit pada 12 September 2019. Kedua satelit sumber daya akan membentuk jaringan untuk memenuhi kebutuhan saat ini akan data penginderaan jauh resolusi menengah dalam pemantauan dan penyelidikan sumber daya alam, eksplorasi mineral, dan pemantauan lingkungan geologi.

Mereka juga akan memberikan layanan untuk sektor-sektor seperti pengurangan bencana, perlindungan lingkungan, pembangunan perumahan, transportasi dan pertanian.

Roket pembawa Long March-4C juga mengirim satelit kecil milik Sekolah Menengah 101 Beijing ke orbit. Ini membawa muatan seperti kamera pencitraan kecil, peralatan pemrosesan cerdas, dan peralatan untuk melakukan eksperimen pada pembangkit termoelektrik semikonduktor.

Ini akan melaksanakan pengajaran geografi tambahan, eksperimen ilmiah dan teknologi dan kegiatan sains populer lainnya untuk siswa sekolah menengah. Misi kali ini adalah misi penerbangan ke-403 dari seri roket pembawa Long March. (*)