6 Tips untuk Mahasiswa Baru Jalani Kehidupan Perkuliahan

logo clock 4 Menit logo clock 06-10-2020, 14:49

Ilustrasi perkuliahan - Image from Kompasiana

Jakarta, Bolong.id - Menjalani kehidupan perkuliahan adalah impian bagi banyak orang sesudah lulus SMA. Tentunya dinamika kehidupan perkuliahan akan sangat berbeda dari kehidupan SMA. Hal inilah yang pasti dirasakan oleh mahasiswa baru (maba) dan perlu dilakukan penyesuaian terhadap dinamika yang ada. Nah, untuk itu, artikel ini cocok kamu baca agar tidak mati gaya saat menjalani kuliah perdana. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan maba agar bisa memulai masa kuliahnya dengan baik:

  1. Perbanyak Relasi 

Menjadi mahasiswa baru ibarat kertas putih yang kosong, perlu banyak coretan agar membuat kertas itu berisi. Memperbanyak dan memperluas relasi adalah hal yang sangat penting. Hal ini akan memudahkan maba dalam banyak hal, misalnya ketika kesulitan mengerjakan tugas, menumpang kos, dan lainnya. Maka tidak ada salahnya jika kamu memiliki banyak teman dan relasi yang luas. Bagaimana caranya? Tentu kamu bisa mulai dari teman sejurusan, cari tahu kesamaan kamu dengan teman-teman sejurusan. Kamu juga bisa mengikuti organisasi atau menjadi panitia acara, lho, untuk memperluas relasi sekaligus menambah pengalaman. 

  1. Ikuti Organisasi yang Sesuai Passion

Saat masih mahasiswa baru, cobalah untuk mengikuti suatu organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hal ini sangat disarankan, karena di sana kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan tentunya relasi. Dengan mengikuti organisasi yang sesuai passion, kamu bisa mengembangkan bakat yang ada dalam diri. Di samping itu kamu juga bisa, lho, ikut kepanitiaan-kepanitiaan di kampus. Salah satu manfaat lain dari mengikuti organisasi, UKM, atau kepanitiaan adalah memperbagus isi CV kamu dengan banyak pengalaman! Tapi perlu diingat juga, jangan terlalu banyak ikut organisasi dan kepanitiaan kalau kamu belum bisa mengatur waktu dengan baik ya. 

  1. Belajar Apapun Itu Mengenai Hal-hal di Luar Perkuliahan

Kuliah memang tempat untuk menuntut ilmu dan meraih gelar sarjana. Tapi kamu juga perlu belajar mengenai kehidupan, belajar mandiri, berhemat, mengatur waktu, dan lainnya yang dapat berguna dalam kehidupan. Bagaimana caranya? kamu bisa coba ikut webinar yang membahas hal yang kamu sukai. Kamu juga bisa belajar melalui video di Youtube atau mendengarkan podcast

  1. Gabung ke Komunitas Luar Kampus

Kalau kamu merasa tidak cocok dengan organisasi atau UKM yang ada di kampusmu, kamu bisa coba bergabung dengan komunitas luar kampus. Contohnya apa saja? Salah satunya kamu bisa ikut kelompok relawan yang ada di sekitar daerahmu, bisa relawan sosial ataupun lingkungan. 

  1. Open Minded

Ketika memasuki dunia perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan berbagai situasi serta orang-orang dengan berbagai karakter. Maka dari itu, penting bagi mahasiswa baru untuk open minded, terbuka terhadap pendapat orang lain dan sebagainya. Yang paling penting dari poin ini adalah kamu harus belajar menerima dan menghargai pendapat orang-orang di sekitarmu, karena kamu bisa belajar dari orang lain, tidak hanya dari diri sendiri. Namun perlu diingat, jangan sampai kamu kebablasan dan salah kaprah tentang open minded

  1. Jangan Lupa Istirahat yang Cukup 

Kesehatan adalah hal yang penting. Ketika menjadi mahasiswa baru, kamu akan disibukkan dengan berbagai tugas, rapat organisasi, dan pekerjaan paruh waktu. Maka dari itu kamu harus ingat untuk menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup agar bisa tetap fit dalam menjalankan perkuliahan. (*)


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Film Dokumenter Perang Korea Tayang di CCTV sampai Jumat

 

logo clock 22-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Keren... Blazer Merk China Ini Sedang Tren

 

logo clock 22-10-2020, 14:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diterbitkan, Buku tentang Guru dan Mahasiswa Shanghai Terjebak Lockdown di Kampus

 

logo clock 22-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral, Video Siswa Menari Tiru Lukisan Dinding Gua Mogao

 

logo clock 22-10-2020, 13:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Ditemukan di Bagian Barat Laut China

 

logo clock 22-10-2020, 10:08
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral