Menlu China Temui Menlu Filipina dan Iran Bahas Kerja Sama Bilateral

logo clock 3 Menit logo clock 12-10-2020, 10:32

Wang Yi (kanan) dan Mohammad Javad Zarif (kiri) - Image from Xinhua

Kunming, Bolong.id - Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi  mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Tengchong, Provinsi Yunnan, pada hari Sabtu waktu setempat.  

Saat mengadakan pembicaraan dengan Locsin, Wang mengatakan bahwa Tiongkok akan terus mendukung Filipina dalam perjuangannya melawan COVID-19 hingga mencapai kemenangan. Kedua belah pihak harus memajukan pertukaran personel untuk pencegahan dan pengendalian epidemi, dan mempromosikan dimulainya kembali pekerjaan dan produksi, serta kerja sama dalam proyek-proyek bilateral besar, kata Wang. Demikian dilansir dari Xinhuanet, Minggu (11/10/2020). 

Wang mengatakan bahwa Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Filipina untuk mempromosikan sinergi mendalam Belt and Road Initiative dengan inisiatif “Bangun, Bangun, Bangun”, konsultasi lanjutan tentang Kode Etik di Laut Tiongkok Selatan, dan memastikan penandatanganan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional dalam tahun ini. 

Locsin mengatakan Filipina berterima kasih kepada Tiongkok karena telah memberikan bantuan untuk menanggulangi epidemi dan mengharapkan kerja sama vaksin. Dia juga menambahkan bahwa Filipina memahami dan mendukung langkah-langkah Tiongkok yang sesuai pada masalah terkait Hong Kong dan Xinjiang, serta bersedia bekerja dengan Tiongkok untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan. 

Kedua belah pihak mencapai kesepakatan untuk membuka “jalur cepat” untuk pertukaran personel penting. 

Saat melakukan pembicaraan dengan Zarif, Wang mengatakan bahwa Tiongkok bersedia memperkuat kerja sama dengan Iran di berbagai bidang termasuk memerangi COVID-19 dan bersama-sama membela multilateralisme. Tiongkok akan terus mempromosikan implementasi perjanjian komprehensif tentang masalah nuklir Iran dan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231. 

Zarif mengatakan bahwa Tiongkok menjadi kekuatan global utama dan memainkan peran yang sangat penting dalam transformasi struktur dunia. Iran menghargai pengumuman Tiongkok bahwa mereka akan membantu negara berkembang untuk memiliki akses ke vaksin, dan menyambut baik inisiatif Tiongkok untuk membangun platform dialog multilateral untuk Kawasan Teluk. (*)


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Diserang Perwakilan AS untuk PBB, China Respon Begini...

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

AS Terus Salahkan China Atas Virus, China Siap Balas Jika Dirugikan

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemenlu China: Pekerja Xinjiang Bukan Kerja Paksa

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Ungkap Rincian Visa BNO yang Kontroversial untuk Penduduk HK

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral