Sri Lanka dan China Bahas Kemitraan Negara yang Lebih Erat

logo clock 3 Menit logo clock 10-10-2020, 12:17

Yang Jiechi (kiri) dan Gotabaya Rajapaksa (kanan) - Image from Xinhua

Kolombo, Bolong.id - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa pada hari Jumat secara terpisah bertemu dengan diplomat senior Tiongkok yang melakukan kunjungan, Yang Jiechi. Kedua belah pihak membahas kerja sama yang lebih erat antara negara mereka. 

Yang, anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (CPC), tiba di Sri Lanka pada hari Kamis untuk kunjungan resmi. Demikian dilansir dari Xinhuanet, Jumat (9/10/2020). 

Dalam pertemuan tersebut, Yang Jiechi, yang juga direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri dari Komite Sentral CPC, mengatakan bahwa persahabatan Tiongkok-Sri Lanka telah membuat kemajuan lebih lanjut karena kepedulian dan dukungan bersama mereka dalam memerangi pandemi COVID-19, sambil mencatat bahwa kedua negara telah menjadi mitra kerja sama strategis yang saling mendukung secara tulus dari generasi ke generasi. 

Yang mengatakan bahwa Tiongkok selalu menempatkan hubungannya dengan Sri Lanka pada posisi penting dan akan terus mengembangkan pertukaran bilateral yang erat antar kedua negara, mengkonsolidasikan rasa saling percaya, memetakan kerja sama jangka panjang, memperkuat sinergi strategis, dan memajukan pembangunan bersama Belt and Road Initiative (BRI) untuk menuai hasil baru. 

Dikatakan juga bahwa Tiongkok akan secara konsisten mendorong kerja sama bilateral di berbagai sektor termasuk infrastruktur, perdagangan, pariwisata, pertanian, pendidikan, teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan kedua bangsa. 

Dalam pembicaraannya dengan Yang, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengatakan bahwa persahabatannya dengan Tiongkok memiliki sejarah yang panjang dan dukungan Tiongkok yang menunjukkan kepedulian terhadap Sri Lanka dan pengalaman pemerintahan Tiongkok sangat penting bagi pembangunan sosial-ekonomi Sri Lanka. Dia juga mengatakan bahwa Sri Lanka akan berkomitmen kuat untuk memperdalam persahabatan bilateral dan bersedia melakukan berbagai upaya untuk mendorong proyek kerja sama BRI. 

Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa mengatakan dalam pertemuannya bersama Yang bahwa negaranya menyambut hangat kunjungan delegasi Tiongkok dan dukungan kuat Tiongkok di berbagai bidang telah membantu Sri Lanka memperkuat kapasitasnya untuk melanjutkan pekerjaan dan produksi di tengah pandemi COVID-19. 

Sri Lanka adalah negara pertama yang dikunjungi oleh Yang Jiechi dalam perjalanan lima hari yang akan membawa Yang ke Uni Emirat Arab, Aljazair, dan Serbia. (*)


Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral