Baca dalam 3 menit

Pakai Masker Kok Berembun? Biar Nggak Ribet, Ikuti Cara Ini

Waktu Publish : 24 Apr 2020, 18:33 WIB
SHARE ARTIKEL

Pakai Masker Kok Berembun? Biar Nggak Ribet, Ikuti Cara Ini

kacamata berembun saat mengenakan masker wajah - Image from : gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Di tengah situasi seperti sekarang ini, menggunakan masker merupakan hal yang normal dan harus dilakukan demi mencegah penularan virus COVID-19. Namun, pakai masker dengan kacamata ternyata terasa ribet, suka berembun ketika kita bernapas. Penelitian dari Royal Academy of Sciences menawarkan ide bagus.

Mengapa kacamata dapat berembun saat kita mengenakan masker? Para peneliti menjelaskannya secara ilmiah: ketika mengenakan masker, udara yang kita hembuskan dari mulut bergerak ke atas dan menyentuh lensa, yang pada akhirnya menyebabkan lensa berembun. Makanya bisa berembun.

Cara mencegahnya, cucilah kacamata Anda dengan air sabun sebelum memakai masker, kemudian biarkan udara mengeringkan kacamata tersebut, bisa juga pakai lap. Dengan demikian kacamata tidak akan berembun lagi. Mencuci dengan air sabun sebelum memakai kacamata akan meninggalkan lapisan tipis film surfaktan pada permukaan lensa, mengurangi tegangan permukaan, dan membuat molekul air terdispersi secara merata menjadi lapisan transparan.

Selain itu, ada cara alternatif lain tanpa menggunakan air untuk mencegah kacamata agar tidak mengembun. Anda dapat melipat tisu yang membentuk persegi panjang tebal dan menyelipkannya ke bagian dalam masker. Hal ini akan membantu menyerap kelembaban dari napas kita dan menghalangi terbentuknya embun di lensa kacamata kita.

Banner Kanan
Logo follow bolong