Baca dalam 3 menit

Bibir Pecah-Pecah? Yuk Simak Panduan Perawatannya!

Waktu Publish : 01 Feb 2021, 13:47 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubuni kami

Jakarta, Bolong.id - Di musim dingin, saat bibir terasa kering, beberapa orang akan menjilat bibir atau membasahi bibir dengan air liur, hal ini hanya akan membuat kulit bibir semakin parah dari hari ke hari. Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah?

Dilansir dari Jiankang.163.com, ada banyak alasan bibir pecah-pecah, diantaranya sebagai berikut.

1. Sekunder penyakit kulit lainnya dapat berupa seborheic dermatitis, dermatitis atopik, psoriasis, eksim, dll.

2. Kebiasaan buruk seperti begadang, stres mental berlebihan, cemas, kebiasaan menjilat bibir, merokok dan minum alkohol.

3. Stimulasi fisik dan kimiawi, paparan sinar matahari jangka panjang, iritasi zat tertentu pada lipstik, pasta gigi, obat kumur, dan beberapa pewarna pada lipstik menyebabkan reaksi alergi.

4. Infeksi, misalnya infeksi bakteri, infeksi virus herpes, dan infeksi Candida penyebab cheilitis.

5. Iklim kering di musim dingin, udaranya kering dan dehidrasi pada bibir akan dipercepat.

6. Obat-obatan, beberapa obat topikal atau oral, terutama tretinoin, dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Bibir kering karena kekurangan air bukanlah penyebab utama. Hal tersebut terjadi jika kekurangan air sangat serius, seperti berjam-jam bekerja di luar ruangan. Dipercaya bahwa kebanyakan orang tidak akan kekurangan air, dan minum banyak air tidak akan memungkinkan lebih banyak air masuk ke kulit bibir.

Jika bibir Anda terasa kering, perawatan harian seperti mengaplikasikan lipstik bisa disesuaikan. Namun, begitu kulit terkelupas atau bahkan pecah-pecah, dan darah keluar, itu adalah cheilitis. Cheilitis adalah penyakit kulit, tidak ada gunanya minum lebih banyak air.

Apakah cheilitis tidak bisa diobati? Ini berbeda untuk setiap orang, tetapi kemungkinan penyembuhan diri sangat rendah. Kebanyakan pasien yang tidak merawat dan mengobatinya tepat waktu bibir akan akan mengelupas dan pecah berulang kali. Oleh karena itu, jangan berharap sembuh sendiri jika menderita cheilitis, Anda harus pergi ke dokter untuk berobat.

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah anda, baca panduan perawatan bibir di bawah ini.

1. Jangan menjilat

Rasanya memang cukup membantu untuk menjilat bibir, tetapi rasa sakit karena bibir kering akan muncul belakangan. Penguapan air liur akan menghilangkan air di bibir, belum lagi air liur juga mengandung amilase yang dapat menyebabkan infeksi serius.

2. Jangan merobeknya

Tidak tahan dengan bibir yang mengelupas? Tanpa sadar merobeknya? Pastikan untuk mengontrol diri sendiri! Ini hanya akan memperburuk keadaan. Cara yang benar adalah dengan mengompres bibir dengan handuk hangat selama 3 sampai 5 menit. Anda bisa menggunakan kuas makeup yang lembut dan bersih untuk mengusap kulit mati dengan lembut, lalu oleskan lip balm.

3. Gunakan Pelembab

Lip balm bukanlah lipstik, dan Anda harus memilih lipstik yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Untuk penderitacheilitis, coba pilih yang bebas rasa dan pewangi, tidak banyak pengawet, dan tidak mengandung logam berat; jangan pilih yang mengandung asam salisilat, asam buah atau vitamin A. Selain bahan pelembab, perhatikan juga, jika juga mengandung bahan perbaikan seperti ceramide dan vitamin E pilihlah!

4. Perlindungan matahari

Bibir juga merupakan kulit, jadi pelindung dari sinar matahari tentunya sangat diperlukan. Banyak lip balm sekarang memiliki faktor perlindungan matahari. Jika Anda belum terbiasa mengaplikasikan lip balm, Anda bisa memakai masker. Tak hanya bisa mencegah virus, tapi juga melindungi bibir dan pipi.

5. Kurangi atau stop makan makanan pedas

Makanan pedas juga merangsang mukosa bibir dan memperburuk kondisi bibir yang kering.

6. Bekerja dan istirahat secara teratur, belajar merilekskan diri

Jangan berada dalam kondisi tegang dan cemas untuk waktu yanglama. Kesenangan dan relaksasi adalah dasar untuk pengobatan semua penyakit.

Tiga Tips Perawatan Bibir

1. Makan lebih banyak buah-buahan yang kaya vitamin C dan E (seperti lemon, kiwi, jujube segar, grapefruit, tomat, strawberry) dan sayuran (kubis ungu, mentimun, tomat, bayam).

2. Gunakan pelembab bibir dan masker bibir yang tahan lama untuk melembabkan kulit dari luar.

3. Saat bibir Anda kering, usahakan untuk tidak memakai lipstik, atau Anda bisa mengoleskan lip balm pelembab sebagai primer, lalu oleskan lip gloss setelah mengaplikasikan lipstik. Orang dengan bibir atau kulit kering sebaiknya tidak makan makanan yang pedas, digoreng, atau dipanggang.

[Matsnaa Chumairo/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

Banner Kanan
Logo follow bolong