Baca dalam 3 menit

4 Penyebab Umum Gusi Berdarah

Waktu Publish : 13 Jun 2021, 09:25 WIB
SHARE ARTIKEL

Gusi Berdarah - Image from TribunJogja.com

Bolong.id - Kenapa gusi berdarah? Penyebab gusi berdarah saat sikat gigi bisa bermacam-macam Mungkin menemukan darah pada sikat gigi Anda bukanlah hal yang menyenangkan, tetapi jangan khawatir, kondisi ini seringnya tidak berbahaya, dan beberapa tindakan dapat membantu Anda mengembalikan senyum percaya diri Anda. Simak terus untuk mengetahui cara mengatasi gusi berdarah saat sikat gigi.

Dilansir dari Beijing Youth Daily, berikut 4 penyebab umum gusi berdarah:

1. Makan Pedas

Banyak orang makan makanan pedas dan mengiritasi. Menyikat gigi keesokan paginya menemukan bahwa gusi mereka bengkak. Begitu menyikat gigi, mereka akan berdarah. Bahkan, itu disebabkan oleh panas. Menyebabkan kerusakan sekunder, mengiritasi gusi, pendarahan akan menjadi lebih serius.

2. Karang gigi

Plak yang menumpuk lama kelamaan akan mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi tidak dapat hilang dengan menyikat gigi saja. Untuk mengatasi gusi berdarah karena penumpukan karang gigi, kunjungilah dokter gigi Anda secara rutin setidaknya enam bulan sekali untuk perawatan pembersihan plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi bertanggung jawab atas berkembangnya bakteri di sekitar gigi Anda, dan jika tidak ditangani dapat menyerang gusi dan menyebabkan pembengkakan. Gusi yang lemah ini kemudian dapat berdarah ketika Anda menyikat gigi atau bahkan ketika makan.

3. Infeksi

Setelah gusi diserang oleh bakteri, mungkin ada reaksi peradangan yang disebabkan oleh infeksi, menyebabkan pelebaran dan penyumbatan pembuluh darah. Saat makan atau menyikat gigi, terjadi iritasi mekanis, menyebabkan pembuluh darah pecah dan berdarah. Dokter menunjukkan bahwa 80% hingga 90% orang dewasa rentan terhadap penyakit. Ini juga merupakan alasan penting hilangnya gigi pada orang dewasa.

4. Tembakau

Merokok mengakibatkan gusi tidak berfungsi secara normal serta meningkatkan risiko gingivitis. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan periodontitis. Merokok melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi gusi. Setelah Anda mengalami kerusakan gusi, merokok juga membuat gusi Anda lebih sulit sembuh. Dalam kasus yang parah, tembakau bisa membuat gigi Anda tanggal. Ucapkan selamat tinggal pada tembakau dan mulailah memelihara senyum dan kesehatan Anda!. (*)


Informasi Seputar Tiongkok




Terkait

culture

Belajar Mandarin: Kosakata Macam-Macam Dokter dalam Bahasa M...

  • Lupita
  • 18 Sep 2021

culture

Belajar Mandarin: Kosakata Seputar Gigi

  • Lupita
  • 11 Sep 2021

health

Rajin Menyikat Gigi Tapi Gigi Tetap Tidak Putih?

  • Lupita
  • 24 Jul 2021

health

Cara Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

  • Lupita
  • 10 Jul 2021

health

Perawatan Gigi Ini Ampuh Hindari Gigi Berlubang

  • Lupita
  • 27 Jun 2021

health

Manfaat Penting Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Anak

  • Lupita
  • 26 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong