Baca dalam 3 menit

Makanan Wajib Saat Malam Tahun Baru Imlek

Waktu Publish : 10 Feb 2021, 20:31 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi - Image from VCG


Bolong.id - Hari pertama bulan lunar pertama adalah Festival Musim Semi atau tahun baru imlek, awal tahun baru bagi Tiongkok Imlek adalah festival terbesar di Tiongkok dan hari untuk reuni keluarga. Berada di sekitar anggota keluarga saat pergantian tahun merupakan ritual penting bagi masyarakat Tionghoa.

Perayaan tahun baru imlek merupakan proses yang berkesinambungan, dimulai dari tanggal 23 atau 24 bulan lunar ke-12. Orang-orang sering menyembah dewa dapur, membersihkan rumah mereka, berbelanja dan memasang pernak-pernik  (kata-kata berkat yang ditempel di kusen pintu) hingga Malam Tahun Baru di kalender lunar.

Selain begadang di malam tahun baru, makan malam yang rumit juga menjadi kunci perayaan imlek. Makan malam Tahun Baru telah dimanifestasikan dalam berbagai cara di seluruh Tiongkok.

Mereka yang tinggal di China Selatan pasti punya hidangan ikan, karena "ikan" dalam bahasa China terdengar mirip dengan karakter "kemakmuran", melambangkan kehidupan yang berlimpah dan nyaman. Orang-orang di Cina Utara sering makan pangsit, yang melambangkan "reuni" dan "keberuntungan".

Tahun baru China sudah dekat. Mari kita lihat beberapa hidangan penting di meja makan Malam Tahun Baru! Dilansir dari China Daily 8.2.2021.

Pangsit

Dumplings - Image from VCG

Pangsit adalah hidangan yang sangat umum di Tiongkok utara, melambangkan reuni dan keberuntungan. Bentuk pangsit menyerupai batangan emas dari Tiongkok kuno. Bagi orang China, makan pangsit berarti membawa lebih banyak harta dan kekayaan di Tahun Baru yang akan datang.

Pangsit manis

Sweet dumplings - Image from VCG

Siomay manis terbuat dari tepung ketan. Isi dapat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Bentuk pangsit manis yang bulat melambangkan "reuni".

Ikan

Fish - Image from VCG

"Ikan" dalam bahasa Cina terdengar mirip dengan karakter 鱼 "kemakmuran", melambangkan kehidupan yang berlimpah dan nyaman. Sebagian besar keluarga akan makan ikan untuk makan malam Tahun Baru mereka.

Bakso kepala singa

Lion-head meatballs - Image from VCG

Salah satu hidangan representatif dari masakan Huaiyang, memiliki konotasi keberuntungan dari namanya.

Poon choi

Poon Choi - Image from VCG

Hidangan biasa di Tiongkok selatan, poon choi yang luar biasa dan penuh keberuntungan berisi hingga 20 bahan mewah yang disajikan dalam mangkuk kayu atau pot tanah liat yang besar.

Delapan harta karun kue beras

Eight treasure rice cake - Image from VCG

Kue beras delapan harta karun adalah makanan penutup Tahun Baru Imlek yang klasik. Banyak keluarga di seluruh negeri memilih untuk menghabiskan makanan mereka dengan makanan penutup ini.

Hot Pot

吃火锅 - Image from Gambar diambil dari berbagai sumber segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Mereka yang berada di provinsi Sichuan di China Barat Daya dapat memilih untuk menikmati hidangan hot pot untuk makan malam Tahun Baru mereka. Karena setiap orang makan dari panci yang sama, itu juga merupakan simbol reuni.

Daging babi rebus

Braised pork - Image from VCG

Selama masa yang kurang berkembang secara ekonomi, orang sering kali harus menunggu setahun penuh untuk menikmati hidangan daging. Daging babi rebus , atau hongshaorou dalam bahasa China, adalah bagian dari kenangan menggiurkan akan makan malam Tahun Baru bagi banyak orang China dari generasi yang lebih tua.

Buddha melompati tembok

Buddha jumping over the wall - Image from VCG

Ini adalah sup yang populer di Cina Selatan. Ini menggunakan bahan-bahan mewah, seperti teripang, abalon, sirip hiu, kerang kering, ham, dan lainnya. Namanya berasal dari aroma sup yang menggiurkan, cukup untuk memikat seorang Buddha, yang vegetarian, ingin melompati tembok dan meminumnya.

Kue beras

Rice cakes - Image from VCG

Kebanyakan orang di Tiongkok Selatan akan makan kue beras untuk merayakan tahun baru imlek karena maknanya yang menguntungkan: Ingin dinaikkan (dalam bidang apa pun yang diinginkan) di Tahun Baru.

Lettuce 

Lettuce - Image from VCG

Lettuce, atau sheng cai dalam bahasa China, terdengar mirip dengan frasa China "mendapatkan keberuntungan". Tidak sulit untuk melihat mengapa orang-orang di seluruh negeri memilih hidangan sayuran ini.

Sepiring tahu

A dish of tofu - Image from VCG

Pengucapan Cina untuk tahu terdengar mirip dengan "keberuntungan untuk semua" - "Tahu, Tahu, seteguk 'Fu' (kebahagiaan)". Tahu juga memenangkan hati dan perut orang karena manfaat kesehatannya.(*)

Alifa Asnia/Penerjemah

 

 




Terkait

lifestyle

Makanan Wajib Saat Malam Tahun Baru Imlek

  • Visco Joostensz
  • 10 Feb 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong