Baca dalam 2 menit

Warga Hong Kong yang Ingin Kembali ke China tak Perlu Karantina

Waktu Publish : 30 Apr 2021, 07:40 WIB
SHARE ARTIKEL


ilustrasi warga hong kong - Image from berbagai sumber

Bolong.id - Saat ini semua warga Hong Kong yang tinggal di Tiongkok daratan dan ingin kembali ke kota itu tidak dikenai kewajiban karantina selama 14 hari.

Persyaratan tersebut berlaku mulai Kamis (29/4) selama hasil tesnya negatif COVID-19, demikian pengumuman pemerintah Hong Kong, Rabu (28/4).

Namun kebijakan tersebut tidak berlaku resiprokal. Pemerintah Tiongkok tetap mewajibkan karantina 14 hari karena Hong Kong termasuk wilayah berisiko COVID-19.

"Memungkinkan bagi kami membuka kembali perbatasan. Ini penting bahwa situasi pandemi di Hong Kong terkendali. Namun dalam pandangan Tiongkok daratan, mereka masih melihat Hong Kong sesuai klasifikasi mereka, wilayah berisiko tinggi atau menengah," kata Kepala Pelayanan Sipil Hong Kong, Patrick Nip Tak-kuen, dikutip South China Morning Post

Kebijakan tersebut sebenarnya sudah pernah diberlakukan pada November 2020, namun khusus bagi warga Tiongkok yang baru datang dari Provinsi Guangdong dan Makau.

Selain hasil tes negatif, orang yang bebas karantina harus mendapatkan kartu hijau hasil pemidaian di ponselnya. Mereka yang bebas karantina itu juga diwajibkan melakukan tes PCR pada hari ke-12 ketibaannya di Hong Kong. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong