Baca dalam 3 menit

CEO ByteDance Zhang Yiming Mundur dari Jabatannya

Waktu Publish : 21 May 2021, 15:18 WIB
Sumber : rfa.org
SHARE ARTIKEL

Zhang Yiming mundur sebagai CEO "ByteDance" - Image from rfa.org

Bolong.id - Miliarder pendiri ByteDance, Zhang Yiming mengatakan akan mengundurkan diri dari posisi CEO di akhir tahun ini. Dia mengaku akan melakoni peran baru di sosmed raksasa Tiongkok. Zhang Yiming merupakan sosok dibalik aplikasi video durasi pendek TikTok, dan aplikasi agregator berita Toutiao.

Zhang, yang berusia 37 tahun, telah menjadi miliarder teknologi Tiongkok terbaru yang menyatakan keluar dari perusahaannya dalam beberapa tahun terakhir. Dia mengatakan alasan mengundurkan diri karena tidak terlalu tertarik dengan peran mengelola pegawai.

"Saya sebenarnya tidak punya keterampilan sebagai manajer yang ideal. Saya lebih tertarik dengan isu organisasi dan pasar, dan mengkreasikan teori-teori yang ada agar peran manajemen semakin efisien daripada sekedar mengelola pegawai," kata Zhang seperti dilansir dari rfa.org (21/5/2021).

Dia juga mengakui bila dirinya tidak begitu suka bersosialisasi. Dia lebih individualis seperti mengutak-atik internet, membaca, mendengarkan musik, dan mengkhayal tentang apa yang mungkin terjadi.

"Setelah beberapa bulan memikirkan posisi ini, saya sampai pada kesimpulan untuk beralih dari peran CEO dengan semua tanggung jawab sehari-harinya. Ini akan memungkinkan saya memiliki dampak yang lebih besar merancang strategi jangka panjang," katanya.

Zhang, yang kekayaannya mencapai USD36 Miliar, mengumumkan penggantinya adalah Liang Rubo, yang sebelumnya memimpin penelitian dan pengembangan ByteDance dan saat ini juga memimpin departemen SDM. Setidaknya dua orang akan bekerja sama untuk proses transisi enam bulan ke depan.

Zhang sendiri belum mengatakan detail peran barunya di ByteDance. Walaupun dia menunjukkan tanda-tanda bahwa dia akan lebih pada aktivitas filantropi dan merancang strategi jangka panjang.

Dua miliarder Tiongkok ternama lainnya juga membuat langkah yang sama. Colin Zheng Huang, pendiri dan mantan CEO Pinduoduo, memilih berpisah dari perusahaannya di tahun ini. Pada bulan maret, Huang, dengan kekayaan senilai USD46,3 miliar, mengumumkan bahwa dia menyerahkan jabatannya sebagai ketua dan meninggalkan dewan setelah sebelumnya mengundurkan diri sebagai CEO pada bulan Juli 2020.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Bos Tik Tok Resign, Hartanya Rp526 Triliun

  • Lupita
  • 29 May 2021

business

Aturan Ekspor Teknologi Baru Tiongkok, CEO ByteDance Pertimb...

  • Della Shafira Putri
  • 03 Sep 2020

technology

CEO ByteDance Berjanji Akan Temukan Solusi untuk Masalah di ...

  • Yohana Intan
  • 28 Aug 2020

technology

Dinilai Cepat Menyerah ke AS, Ini Pembelaan Pendiri ByteDanc...

  • Yohana Intan
  • 05 Aug 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong