Baca dalam 2 menit

KM Mitra Usaha Karam, TNI AL Evakuasi ke Lanal Ternate

Waktu Publish : 10 Jul 2021, 12:27 WIB
SHARE ARTIKEL

ABK KM Mitra Usaha yang selamat dan dievakuasi ke Lanal Ternate, Maluku Utara - Image from MSF

Bolong.id - ABK Tenggelam asal Indonesia di Laut Maluku Utara, dievakuasi ke Pangkalan TNI AL Ternate.

Paska penyelamatan ABK KM Mitra Usaha oleh kapal latih Angkatan Laut Jepang, JS Kashima dan JS Setoyuki di perairan pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara. Tiga awak kapal yang selamat di evakuasi ke pangkalan TNI AL Ternate, Jumat (09/07/21)

Ketiga awak yang selamat tersebut dievakuasi menggunakan KRI Tatihu-853 menuju lanal Ternate.

Pada konferensi persnya, Komandan Pangkalan TNI AL Ternate, Kolonel Laut (P) Komaruddin, mengungkapkan bahwa ketiga awak yang selamat ini selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan.

Komandan TNI AL Ternate Kolonel Laut (P) Komaruddin - Image from MSF

"Korban yang selamat ini dalam kondisi stabil dan setelah pemeriksaan akan kami kembalikan kepada keluarga masing-masing," ujar Danlanal tersebut.

Setelah dilakukan swab antigen, ketiga ABK ini bebas dari Covid 19, ungkapnya.

Tiga ABK selamat yakni Deki Machmud (48) selaku nakhoda kapal asal Bitung, Hans Anggaloly (38) asal Sorong, dan Rifki Machmud (15) selaku koki kapal asal Bitung. Sementara Haidin Ode (50) ABK asal pulau Gala meninggal dunia.

Sebelumnya KM Mitra Usaha bertolak dari Kabupaten Halmahera Selatan pada Jumat (2/7) menuju Bitung, Sulawesi Utara, untuk menjual kopra.

Namun pada 3 Juli, kapal karam di sekitar perairan Batang Dua setelah dihantam ombak setinggi 5 meter. Lambung kapal yang bocor membuat kapal kemasukan air.(*)

Sumber : MSF


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong