Baca dalam 8 menit

China Membangun Perpustakaan Bahasa Terbesar di Dunia

Waktu Publish : 19 Nov 2021, 09:39 WIB
SHARE ARTIKEL

China Telah Membangun Perpustakaan Bahasa Terbesar di Dunia - Image from bcebos.com

Bolong.id – Perpustakaan Bahasa terbesar di dunia telah dibangun Tiongkok adalah salah satu negara dengan sumber daya bahasa paling melimpah di dunia saat ini, memiliki lebih dari 130 bahasa dalam lima rumpun bahasa utama Sino-Tibet, Altai, Austronesia, Asia Selatan, dan Indo-Eropa. Setiap bahasa adalah kekayaan bagi manusia yang berharga dan mengandung budaya yang kaya serta unggul.

Dilansir dalam 中国新闻网 pada (18/11/2021) sejak tahun 2015, Kementerian Pendidikan dan Komisi Bahasa Nasional meluncurkan "Proyek Perlindungan Sumber Daya Bahasa Tionghoa", dengan penuh semangat mempromosikan mempopulerkan bahasa umum nasional, sementara secara ilmiah melindungi dialek Tionghoa dan sumber daya bahasa minoritas.

Lebih dari 350 unit, 1.000 tim, 4.500 tenaga profesional dan teknis, dan hampir 9.000 pembicara "Proyek Perlindungan Sumber Daya Bahasa Tiongkok" melakukan penyelidikan, pencatatan, deskripsi dan pengumpulan serta pemilahan data audiovisual yang komprehensif.

Selain itu, seri "Koleksi Bahasa dan Budaya Tiongkok" dan seri "Bahasa Tiongkok yang Terancam Punah telah diterbitkan, dengan 50 volume. Perpustakaan sumber daya bahasa terbesar di dunia berhasil diselesaikan, dengan lebih dari 10 juta sumber daya bahasa dikumpulkan.

Pada saat yang sama, fase pertama "Proyek Komunikasi Terminologi Ideologi dan Budaya Tiongkok" selesai, dan 900 istilah ideologis dan budaya yang mencerminkan inti dan esensi dari sistem wacana dan etnis disempurnakan dapat ditampilkan, diterbitkan, dan diekspor ke 28 negara serta wilayah serta memiliki Hak Cipta dalam 32 bahasa.

China telah Membangun Perpustakaan Bahasa Terbesar di Dunia - Image from 百度

Menurut Komisi Bahasa Nasional, dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan berkelanjutan pendidikan bahasa nasional dan peningkatan terus-menerus meningkat. Putonghua atau Bahasa nasional Tiongkok ini telah memberikan dorongan baru untuk pembangunan ekonomi, memberikan dorongan kuat untuk pertukaran dan integrasi berbagai etnis, kelompok, dan juga memberikan kontribusi untuk memenangkan pertempuran melawan kemiskinan.

Menuntaskan tingkat buta bahasa adalah bagian penting dari pengentasan kemiskinan dan pembangunan negara. Itu adalah kekuatan dasar untuk membantu pengentasan kemiskinan. Saat ini, tingkat kemampuan penggunaan Putonghua atau Bahasa nasional Tiongkok secara nasional telah mencapai 80,72%, meningkat 27,66 poin persentase dari tahun 2000. Kemampuan masyarakat miskin untuk berkomunikasi dan berinteraksi telah diperkuat, keinginan mereka untuk berwirausaha, pekerjaan untuk menjadi kaya semakin kuat, dan keterampilan kejuruan mereka telah meningkat secara signifikan.

Selain itu, sejak tahun 2020, Komisi Bahasa Nasional telah mendirikan "Layanan Bahasa Nasional dan Pusat Penelitian Bahasa Greater Bay Area Guangdong-Hong Kong-Macao", "Pusat Penelitian Bahasa dan Budaya Jalur Sutra", dan "Pusat Penelitian Bahasa Asia Timur Laut Tionghoa". Untuk memperkuat inovasi kolaboratif, memperkuat tim, membangun dan meningkatkan kemampuan layanan untuk melayani strategi pembangunan nasional.

Selama periode "Rencana Lima Tahun Ketiga Belas", Komisi Bahasa Nasional telah melayani pembangunan kapasitas komunikasi internasional negara tersebut dan mendukung pengembangan pendidikan dan penelitian internasional. Tentang komunikasi internasional bahasa dan budaya Tiongkok. "Standar Tingkat Bahasa Mandarin Pendidikan Tiongkok Internasional" ditinjau dan dirilis, versi multibahasa dari "Kamus Gambar Mandarin" secara resmi diterbitkan, dan pembangunan database sumber daya Tiongkok di luar negeri terus maju.

Pada tanggal 27 Oktober, pada hitungan mundur 100 hari menuju Olimpiade Musim Dingin Beijing, "Ketentuan Olahraga Olimpiade Musim Dingin" secara resmi dirilis, dan platform terminologi Olimpiade Musim Dingin versi V3 dikirimkan dan digunakan secara bersamaan.

China Telah Membangun Perpustakaan Bahasa Terbesar di Dunia - Image from 百度

Menurut Komisi Bahasa Nasional, platform ini mencakup 8 bahasa, termasuk Mandarin, Inggris, Prancis, Jepang, Korea, Rusia, Jerman, dan Spanyol, serta mencakup istilah-istilah yang terkait dengan semua kompetisi Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini sebagai database terminologi multibahasa Olimpiade Musim Dingin terbesar di dunia.

Yang Shuan, wakil ketua Komite Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing, menunjukkan bahwa ini adalah yang pertama dalam sejarah layanan bahasa untuk Olimpiade Musim Dingin, dan ini juga merupakan manifestasi nyata dari kebijaksanaan Tiongkok dan rencana Tiongkok untuk pengembangan dunia internasional. Gerakan Olimpiade. Ini akan menjadi warisan budaya yang penting bagi Olimpiade Musim Dingin ini.

Selain itu, selama periode "Rencana Lima Tahun Ketiga Belas", Komisi Bahasa Nasional mengeluarkan lebih dari 20 standar bahasa dalam hal urutan guratan karakter Mandarin, kosakata pendidikan, sajak puisi baru, bahasa isyarat umum nasional, braille umum nasional, terjemahan bahasa asing, dan kemahiran bahasa Inggris telah menerbitkan 8 jenis dan 24 makalah kehidupan bahasa, terus melakukan kegiatan "Inventarisasi Tiongkok", mengandalkan lembaga penelitian ilmiah untuk membangun penelitian kehidupan bahasa dan jurnal kebijakan, situs web, matriks media mandiri, dan berusaha untuk menceritakan kisah-kisah bahasa yang baik.

Pembangunan internasional membutuhkan bahasa untuk membuka jalan dan menjembataninya. Selama periode "Rencana Lima Tahun Ketiga Belas", Komisi Bahasa Nasional memainkan peran pertukaran akademik untuk menunjukkan pencapaian pengembangan industri bahasa dan penulisan negara saya, pencapaian budaya bahasa dan teknologi bahasa yang sangat baik, dan lebih memperdalam pertukaran dan kerja sama internasional.

Tahun 2017 hingga 2019, Komisi Bahasa Nasional mendukung penyelenggaraan tiga Pameran Bahasa dan Budaya Internasional Beijing dan serangkaian forum akademik. Hampir seratus perwakilan organisasi internasional dan utusan asing di Tiongkok berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Komisi Bahasa Nasional menyelenggarakan penelitian ilmu bahasa tingkat tinggi, mengimplementasikan proyek-proyek bahasa utama dan tugas-tugas penelitian ilmiah, membangun sumber daya bahasa dasar, melatih para profesional bahasa, mempublikasikan kebijakan bahasa, mengembangkan kerjasama dan pertukaran bahasa. Selama periode "Rencana Lima Tahun Ketiga Belas", Menghasilkan lebih dari 2.300 hasil penelitian, menyerahkan lebih dari 200 laporan manajemen berkualitas tinggi ke departemen terkait, dan terus memperkuat pembangunan 24 basis penelitian.

Menurut Komisi Bahasa Nasional, pada langkah selanjutnya, Komisi Bahasa Nasional akan secara komprehensif meningkatkan inovasi, layanan, kepemimpinan, pengaruh karya penelitian ilmiah Komisi Bahasa Nasional, membangun sistem kerja penelitian bahasa yang berstandar tinggi, modern, pola baru inovasi dan pengembangan. Hal ini memberikan dukungan kuat untuk modernisasi pendidikan dan membangun negara bahasa yang kuat. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong