Baca dalam 4 menit

Hainan FTP akan Memperkaya Ikatan Bisnis Ekonomi China-ASEAN

Waktu Publish : 01 Nov 2021, 12:24 WIB
Sumber : 人民网
SHARE ARTIKEL

Pemandangan Teluk Sanya di provinsi Hainan - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Pertumbuhan Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan (HFTP) akan semakin memperkaya ikatan bisnis dan konektivitas regional antara Tiongkok dan anggota ASEAN, menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi implementasi yang diharapkan dari perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional tahun depan, para ahli dan pemimpin bisnis mengatakan pada Minggu.

Dilansir dari 人民网, FTP Hainan dan negara-negara ASEAN saling melengkapi dalam sumber daya alam, modal, teknologi, pasar, industri dan sumber daya manusia, yang kondusif bagi arus bebas faktor-faktor ini di kawasan, dan akan memperluas ruang untuk kerja sama ekonomi dan perdagangan, kata Zhang Fei, wakil presiden Institut Reformasi dan Pembangunan Tiongkok yang berbasis di Haikou.

"Dengan rekonstruksi rantai industri dan nilai global, akan cukup menguntungkan bagi negara-negara Asia Tenggara untuk membangun pasar bersama dengan FTP Hainan, karena secara geografis terletak di pusat Tiongkok dan ASEAN," katanya. "Selain berbagi permintaan pasar besar-besaran Tiongkok, akan sangat membantu bagi kedua belah pihak untuk mengkonsolidasikan rantai industri regional yang ada."

Berbicara pada subforum di Forum Internasional ke-87 tentang Reformasi Tiongkok yang diadakan di Haikou selama akhir pekan, Zhang menyarankan agar pemerintah Tiongkok dan negara-negara ASEAN menggunakan model yang sudah ada dari program Kartu Perjalanan Bisnis APEC, untuk menjajaki peluncuran program bebas visa serupa. perjalanan antara Hainan FTP dan negara-negara anggota ASEAN.

Kartu Perjalanan Bisnis APEC memungkinkan pemegangnya untuk menggunakan jalur imigrasi khusus dan menikmati izin imigrasi yang disederhanakan.

Karena pemerintah telah membuat perdagangan dan investasi luar negeri lebih nyaman dan lebih bebas di provinsi pulau, perdagangan luar negeri Hainan melonjak 60,4 persen tahun-ke-tahun menjadi 101,35 miliar yuan (sekitar Rp224 triliun) selama tiga kuartal pertama tahun ini, melebihi total ekspor dan impor untuk tahun 2020, dan melampaui 100 miliar yuan (sekitar Rp221 triliun) untuk pertama kalinya dalam sejarah provinsi tersebut, menurut data yang dirilis oleh Bea Cukai Haikou.

ASEAN mempertahankan statusnya sebagai mitra dagang terbesar Hainan, menurut statistik Bea Cukai.

Chi Fulin, presiden Institut Reformasi dan Pembangunan Tiongkok, mengatakan bahwa paradigma pertumbuhan sirkulasi ganda Tiongkok akan meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan anggota ASEAN di tahun-tahun mendatang.

Dalam model ekonomi sirkulasi ganda, pasar domestik menjadi andalan sedangkan pasar domestik dan luar negeri saling menguatkan.

Karena pertumbuhan konsumsi jangka panjang di Tiongkok, negara itu tidak hanya akan menjadi pasar ekspor utama untuk produk antara ASEAN, tetapi juga pasar ekspor utama untuk barang dan jasa konsumen, tambahnya.

Grup minuman beralkohol Prancis Remy Cointreau membuka toko butik pertamanya di FTP Hainan akhir pekan lalu, karena belanja bebas bea di pulau Hainan adalah bagian penting dari paradigma pertumbuhan sirkulasi ganda dan terus-menerus menarik bisnis global.

"Nilai total belanja bebas pajak Hainan mencapai sekitar $5 miliar (sekitar Rp75 triliun) pada akhir 2020, menjadikan tempat ini salah satu pasar bebas bea terbesar di dunia. FTP Hainan akan membentuk masa depan ritel, terutama untuk merek premium," kata Nicolas Beckers, CEO Remy Cointreau Greater Tiongkok.

Wang Huiping, presiden Akademi Ilmu Sosial Hainan, mengatakan RCEP yang akan datang akan meletakkan dasar untuk perdagangan intraregional dan pertumbuhan PDB yang lebih banyak ketika mulai berlaku. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

China Bikin Robot Penyortir Paket, Banyak Diekspor Ke Luar N...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021

lifestyle

Rekomendasi 4 Drama China Bertema Keluarga Terbaru, Harus No...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021

culture

Bangsawan China yang Melepas Status Bangsawan Mereka

  • Djono W. Oesman
  • 29 Nov 2021

lifestyle

Kelezatan Sup Siput Khas Liuzhou

  • Djono W. Oesman
  • 29 Nov 2021

culture

SEJARAH: 1998 Beijing Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah World U...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021

news

Lulusan Universitas "Barat" Tidak Lagi Jadi Favorit Perusaha...

  • Lupita
  • 29 Nov 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong