Baca dalam 4 menit

Pas Buat Akhir Pekan, 8 Rekomendasi Film Laga China

Waktu Publish : 14 Nov 2021, 15:12 WIB
Sumber : RADII
SHARE ARTIKEL

House of Flying Daggers - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Bagaimana salah satu genre sastra tertua dan paling abadi di Tiongkok telah diadaptasi ke layar lebar, dan bagaimana genre Wuxia di RRC berbeda dari rekan Hong Kongnya yang lebih kuat? Genre sinematik telah memikat penggemar di seluruh dunia dengan perpaduan antara realisme magis, aksi, dan budaya tradisional dari salah satu peradaban tertua di Bumi.

Dilansir dari RADII, berikut adalah beberapa film Wuxia yang mendunia dalam 90 tahun terakhir.

1. Shaolin Temple (Hsin-Yen Chang, 1982)

Kuil Shaolin mempopulerkan mitos sekolah Kung Fu Shaolin, dan juga memberi aktor seni bela diri ikonik Jet Li peran film pertamanya.

2. Crouching Tiger, Hidden Dragon (Ang Lee, 2000)

Film ini membawa gelombang minat baru dalam genre seni bela diri Tiongkok, termasuk potongan kostum yang berlatar masa pra-modern tertentu dan film kung fu yang biasanya berlatar periode modern-kontemporer.

Film ini membahas balas dendam, cinta yang tertindas, dan hubungan yang rumit dalam lingkup karakter film yang berbeda dan sifat unik mereka, banyak di antaranya berhubungan dengan filsafat Tao dan Buddha Tiongkok.

3. Hero (Zhang Yimou, 2002)

Hero meluncurkan kembali genre Wuxia di RRT. Film ini tidak hanya membantu membuka jalan bagi film Wuxia berikutnya – House of Flying Daggers, Curse of the Golden Flower, The Banquet, dan The Promise – tetapi akan menciptakan model “film blockbuster” baru untuk pasar Tiongkok dalam hal produksi film, casting, promosi, dan distribusi.

4. House of Flying Daggers (Zhang Yimou, 2004)

Film ini memvisualisasikan dan menyelami salah satu tradisi Tiongkok yang paling membanggakan (dan paling populer) yang sampai sekarang hanya divisualisasikan di benak pembaca. Prestasi luar biasa itu layak mendapat tempat di daftar terhormat ini karena mimpi pahlawan bela diri adalah bagian tak terpisahkan dari mimpi Tiongkok.

5. Fearless (Ronny Yu, 2006)

Film seni bela diri Jet Li terakhir, Fearless dipuja karena menceritakan kisah Huo Yuanjia, pria yang mempopulerkan Wushu sebagai gaya bertarung yang sah di seluruh dunia.

6. Ip Man (Wilson Yip, 2008)

Ip Man adalah bentuk klasik yang meneliti pola dasar dari Ksatria yang salah Xia, seorang individu yang berbakat dan terlatih yang melangkah ke sepatu yang lebih besar untuk melakukan kejahatan terhadap moralitas dan dalam hal ini, bangsa Tiongkok oleh Jepang selama Perang Dunia II. Koleksi Tiongkok yang diperbarui.

7. The Grandmaster (Wong Kar-wai, 2013)

Berlawanan dengan ekspresi emosional yang biasanya diekspresikan dari film seni bela diri, film ini menunjukkan semangat kebenaran dan kasih sayang dalam seni bela diri dengan cara yang halus dan tertutup. Tepat dan mengharukan, film ini memiliki aftertaste yang tak ada habisnya.

8. Brotherhood of Blades (Lu Yang, 2014)

Mengambil akhir Dinasti Ming sebagai settingnya, Brotherhood of Blades didasarkan pada tiga pendekar pedang, yang dituduh membunuh kasim manipulatif (dan karakter sejarah nyata) Wei Zhongxian.(*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong