Baca dalam 3 menit

Lama Diproses, UU Keamanan Nasional Hong Kong Akhirnya Disetujui!

Waktu Publish : 30 Jun 2020, 18:26 WIB
SHARE ARTIKEL

Beijing Setujui UU Keamanan Nasional - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Hong Kong, Bolong.id - Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, dengan suara bulat, menyetujui Undang-undang Keamanan Nasional, yang akan diberlakukan di Hong Kong pada hari Selasa (30/6/2020) nanti. Sebanyak 162 anggota memberikan suara mereka untuk resolusi tersebut. Sejauh ini, belum ada publikasi resmi mengenai rincian undang-undang itu.

Melansir RTHK, Undang-undang Keamanan Nasional akan diterapkan ke Hong Kong dengan pengumuman resmi, setelah otoritas Hong Kong memasukkan hukum keamanan nasional ke dalam Lampiran III Hukum Dasar mereka.

Dengan disetujuinya UU Keamanan Nasional Hong Kong, maka pemerintah secara sah bisa mendirikan badan-badan keamanan Tiongkok di Hong Kong, komite yang akan dipimpin oleh Kepala Eksekutif bisa menunjuk hakim untuk menangani kasus-kasus keamanan nasional. Seperti dikutip dari Xinhua, Ketua Eksekutif akan menunjuk hakim tertentu untuk menangani kasus-kasus pengadilan keamanan nasional, di bawah UU Keamanan Nasional.

Namun, pejabat eksekutif nantinya akan diawasi oleh pemerintah pusat, dan jika nanti tercium adanya perbedaan antara hukum keamanan dan hukum Hong Kong, maka, ketentuan legalisasi baru harus diadopsi. Kekuatan menafsirkan hukum sendiri, berada di tangan Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional.


Terkait

news

Mari Simak Poin Penting Dari Undang-undang Keamanan Nasional...

  • Yohana Intan
  • 22 Jun 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong