Debat Cawapres AS Akan Dibatasi Kaca

logo clock 3 Menit logo clock 06-10-2020, 11:51

Mike Pence dan Kemala Harris - Image from Reuters

Washington DC, Bolong.id - Dampak Presiden Amerika Serikat Donald Trump positif Covid-19 adalah ini: Debat antara Calon Wakil Presiden AS, Mike Pence melawan Kamala Harris akan dipisahkan pembatas kaca plexiglass, demi mengurangi risiko penularan Covid-19.

Seperti dilansir dari Reuters dan CNN, Selasa (6/10/20), debat cawapres dijadwalkan hanya satu kali, pada Rabu (7/10) waktu AS di Salt Lake City, Utah. Pence yang merupakan cawapres petahana akan berhadapan dengan Harris yang seorang Senator senior AS.

Baik Pence maupun Harris dinyatakan negatif Corona dalam tes yang dijalani beberapa hari terakhir.

Dituturkan seorang sumber yang memahami persiapan debat cawapres bahwa Komisi Debat Kepresidenan AS telah memutuskan bahwa Pence dan Harris akan dipisahkan oleh plexiglass selama debat berlangsung pada Rabu (7/10) malam waktu AS.

Menurut sumber itu, Komisi Debat Kepresidenan AS mengambil keputusan itu bersama konsultan medis di Klinik Cleveland -- lokasi debat capres pertama -- pada Senin (5/10) waktu setempat, setelah mempelajari sifat virus Corona di udara dan saat jumlah kasus positif Corona di Gedung Putih semakin bertambah.

Presiden Donald Trump dinyatakan positif Corona pada 1 Oktober lalu. Sejumlah staf dan politikus Republikan sekutu Trump, termasuk tiga Senator AS, juga dinyatakan positif Corona dalam beberapa hari terakhir.

Pence sendiri diketahui tidak berkantor di Gedung Putih dan memilih bekerja dari rumah pada akhir pekan lalu. Dia sempat menghadiri acara di Gedung Putih yang diduga menjadi klaster penularan baru, sepekan lalu, namun hasil tesnya menyatakan dia negatif Corona sehingga debat akan tetap berjalan sesuai jadwal.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa merespons wabah Corona di Gedung Putih, Komisi Debat Kepresidenan dan tim kampanye kedua cawapres sepakat agar Pence dan Harris akan berdiri dengan jarak 12 kaki 8 inch atau nyaris 4 meter saat debat berlangsung, lebih jauh dari rencana semula.

Sementara itu, juru bicara Pence, Katie Miller, dalam pernyataannya menyindir Harris. "Jika Senator Harris ingin memasang benteng di sekelilingnya, lakukanlah," ucap Miller yang sempat terinfeksi dan telah sembuh dari Corona pada musim semi lalu.

"Menarik bahwa @VPComDir Katie Miller mengolok-olok keinginan kami memasang kaca pembatas plexiglass di panggung debat, ketika bosnya sendiri seharusnya bertanggung jawab atas gugus tugas COVID-19 dan harus menganjurkan ini juga," ucap juru bicara Harris, Sabrina Singh, dalam tanggapannya. (*)


Penulis : Djono W. Oesman
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pakistan Beri Penghargaan kepada Pejabat China

 

logo clock 23-10-2020, 16:27
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Xi Jinping: Modernisasi Militer Kunci Peremajaan Nasional

 

logo clock 23-10-2020, 16:24
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Terungkap, Kesepakatan Baik China - Vatikan, Terkait Penunjukan Uskup

 

logo clock 23-10-2020, 15:14
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral