Baca dalam 2 menit

Beijing Ancam Pejabat AS yang Ikut Campur Urusan Hong Kong

Waktu Publish : 02 Jul 2020, 08:00 WIB
SHARE ARTIKEL

Tiongkok-AS - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Beijing, Bolong.id - Tiongkok sangat menentang Amerika Serikat (AS), yang akan berlakukan pembatasan visa pada pejabat Tiongkok, karena masalah Hong Kong. Juru bicara kementerian luar negeri, Zhao Lijian (赵立坚), hari Senin (29/6/2020) mengatakan, segala upaya yang dilakukan AS untuk menghalangi Beijing memperkenalkan Undang-undang Keamanan Nasional di Hong Kong, hanya akan berujung pada kegagalan.

"Karena tindakan AS itu, Tiongkok memutuskan untuk memberlakukan juga pembatasan visa pada pejabat AS, yang suka ikut campur masalah Hong Kong," kata Zhao, tanpa mengatakan siapa atau berapa banyak pejabat yang akan menjadi sasarannya.

"Tidak peduli bagaimana para separatis Hong Kong berteriak, tidak peduli tekanan macam apa yang diberikan oleh pasukan anti Tiongkok, rencana mereka untuk menghalangi pengesahan Undang-undang Keamanan Nasional Hong Kong tidak akan pernah bisa menang,” ujar Zhao, seperti dikutip dari South China Morning Post.

Pada hari Jumat (26/6/2020), Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengumumkan pembatasan visa untuk untuk pejabat Tiongkok yang berupaya mengekang kebebasan Hong Kong. Pernyataan ini dengan tegas ditentang oleh Tiongkok, dengan menyebutkan bahwa Hong Kong adalah bagian dari Tiongkok. Urusan Hong Kong adalah urusan dalam negeri Tiongkok yang tidak boleh diutak-atik pihak luar. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong