Lama Baca 2 Menit

Enam Spesies Anggrek Baru Ditemukan di Yunnan

21 December 2023, 13:22 WIB

Enam Spesies Anggrek Baru Ditemukan di Yunnan-Image-1
Ilustrasi anggrek

Beijing, Bolong.id - Enam spesies anggrek baru ditemukan di Provinsi Yunnan dan Daerah Otonomi Xizang di barat daya Tiongkok, Oleh peneliti Institut Blitilenep heOotani Kunming di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Dilansir dari 人民网 Rabu (20/12/23), temuan yang dibuat oleh para peneliti dari institut tersebut, baru-baru ini dipublikasikan di jurnal PhytoKeys dan Nordic Journal of Botany.

Selama beberapa survei lapangan di Yunnan dan Xizang dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti mengumpulkan spesimen enam spesies anggrek yang sebelumnya tidak teridentifikasi.

Setelah tinjauan literatur, studi morfologi spesimen herbarium dan analisis filogenomik plastida, mereka menyimpulkan bahwa spesimen ini termasuk baru dalam genera Neottia, Papilionanthe, Gastrochilus dan Cylindrolobus.

Menurut penelitian tersebut, Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Hengduan merupakan ikon pusat keanekaragaman hayati yang mempunyai arti penting secara global. Namun, keanekaragaman spesies di wilayah ini masih kurang dipahami.

Catatan budidaya bunga awal Xizang pada tahun 1987 mencatat hanya 191 spesies dalam 64 genera dalam famili Orchidaceae. 

Namun, sejumlah spesies baru dilaporkan selama beberapa dekade terakhir, meningkatkan jumlah anggrek di Xizang menjadi 110 genera dengan 491 spesies dalam daftar terbaru.

“Investigasi lapangan jangka panjang dan mendalam masih diperlukan untuk mengatasi tantangan mendesak dalam melestarikan spesies langka di wilayah pegunungan ini karena habitat mereka mengalami perubahan yang cepat,” kata penelitian tersebut.

Orchidaceae adalah salah satu famili angiospermae terbesar di dunia, dengan sekitar 190 genera dan 1.600 spesies di Tiongkok. Pegunungan Himalaya dan Hengduan sangat kaya akan anggrek. (*)

Informasi Seputar Tiongkok