Baca dalam 2 menit

Kerja Sama Uji Coba Vaksin COVID-19 Fase III CanSinoBIO, Seperti Apa?

Waktu Publish : 17 Jul 2020, 07:00 WIB
SHARE ARTIKEL

CanSinoBIO - Image from gambar diambil dari internet, segala keluhan mengenai hak cipta, dapat menghubungi kami

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir The Hindu, perusahaan pengembang vaksin asal Tiongkok, CanSino Biologics (康希诺生物) Sabtu (11/7/2020), dalam tahap diskusi dengan Rusia, Brasil, Chili, dan Arab.

Diskusi ini bertujuan agar negara-negara tersebut dapat bekerja sama dengan CanSinoBIO dalam uji coba fase III vaksin COVID-19 buatannya.

Pasalnya, keberhasilan Tiongkok menekan infeksi COVID-19 telah mempersulit pelaksanaan uji coba vaksin berskala besar. Demi tercukupinya jumlah partisipan penelitian, dibutuhkan kerja sama dengan negara-negara lain. Sejauh ini, hanya beberapa negara yang setuju untuk bekerja sama dengan CanSinoBIO.

Dilansir Baidu, Qiu Dongxu (邱东旭), direktur eksekutif dan salah satu pendiri CanSinoBIO mengatakan, uji coba fase III kemungkinan akan dimulai segera, dan perusahaan berencana untuk merekrut 40.000 peserta untuk uji coba.

Qiu mengatakan, uji coba fase II yang melibatkan 508 orang telah menghasilkan hasil yang jauh lebih baik daripada fase I tentang keamanan dan kemampuan untuk memicu respons kekebalan. Namun, dirinya tidak mengungkapkan bukti spesifik.

Dia juga mengatakan, pabrik barunya yang sedang dibangun di Tiongkok akan memungkinkannya untuk memproduksi 100-200 juta dosis vaksin COVID-19 per tahun pada awal 2021. (*)


Terkait

news

Indonesia Libatkan 1.620 Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19

  • Isna Fauziah
  • 21 Jul 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong