Baca dalam 3 menit

Mantan Kepala PKT Provinsi Shaanxi Dijatuhi Hukuman Mati Karena Suap

Waktu Publish : 31 Jul 2020, 21:21 WIB
SHARE ARTIKEL

Zhao Zhengyong - Image from CGTN

Tiongkok, Bolong.id - Dilansir CGTN, Zhao Zhengyong, mantan ketua Komite Provinsi Partai Komunis Tiongkok Provinsi Shaanxi dan mantan wakil ketua Komite Urusan Internal dan Peradilan di bawah Kongres Rakyat Nasional ke-12, telah dijatuhi hukuman mati karena menerima suap lebih dari CNY717 juta atau sekitar Rp1,4 triliun.

Dilansir Global Times, Pengadilan Menengah Rakyat Pertama Tianjin memutuskan, Zhao diberi penangguhan hukuman dua tahun atas hukuman mati dan kehilangan hak politik seumur hidup, harta pribadinya juga disita.

Pengadilan dalam putusan tersebut mengatakan, "Perilaku Zhao merupakan kejahatan suap dan dia harus dijatuhi hukuman mati, karena jumlah suap yang diterimanya sangat besar dan apa yang dia lakukan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi negara dan rakyat," seperti dikutip dari China Daily.

Zhao Zhengyong - Image from Global Times

"Tetapi mengingat dia mengaku bersalah dan semua keuntungan haramnya disita atau dibekukan, kami memberinya hukuman mati yang ditangguhkan sebagai hukuman ringan," tambahnya. "Mempertimbangkan fakta dan keadaan kejahatannya, dia tidak akan diringankan atau dibebaskan bersyarat setelah hukumannya dikurangi menjadi penjara seumur hidup."

Di bawah Hukum Pidana Tiongkok, terdakwa yang diberi hukuman mati tidak akan dieksekusi. Jika mereka berkinerja baik tanpa pelanggaran baru selama penangguhan hukuman dua tahun, hukuman mereka akan diringankan menjadi dipenjara seumur hidup.

Jika mereka yang ditangguhkan kematiannya telah memberikan jasa berjasa dalam masa percobaan, hukuman mereka dapat diringankan menjadi 25 tahun. Pergantian lebih lanjut juga akan diberikan jika mereka terus mematuhi aturan penjara dan berkinerja baik saat menjalani hukuman.

Antara 2003 dan 2018, Zhao mengambil keuntungan dari berbagai posisinya di Shaanxi dan membantu kelompok dan individu tertentu mengambil untung dalam hal-hal seperti kontrak proyek, operasi perusahaan, promosi pekerjaan dan transfer pekerjaan. (*)


Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong