Baca dalam 3 menit

Pudong, Sinonim Inovasi di Kota Metropolitan China

SHARE ARTIKEL

COMAC Shanghai Aircraft Design & Research Institute di Zhangjiang High-Tech Park - Image from Shine

Shanghai, Bolong.id - Area Baru Pudong memberikan penekanan pada kata "baru" ketika melihat perannya dalam mempercepat perkembangan sains dan teknologi canggih di Shanghai.

Rencana Lima Tahun yang dimulai pada 1 Januari 2021 dengan tegas menempatkan Pudong di garis depan dalam inovasi, yang telah membuktikan keberaniannya dalam menciptakan fasilitas untuk mewujudkan semuanya dan memanfaatkan bakat untuk melaksanakannya.

Namun, Pudong masih agak tertinggal dalam alokasi sumber daya global dan dalam momentum maksimum untuk mendorong pembangunan. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

Salah satu jawabannya adalah integrasi zona-zona yang lebih besar di kawasan yang berperan dalam mengejar inovasi. Itu berarti, misalnya, Distrik Keuangan Lujiazui memberikan dukungan ke zona seperti Kota Sains Zhangjiang, dan Zona Perdagangan Bebas Shanghai yang bertindak sebagai "kelinci percobaan" untuk Zhangjiang dengan melakukan uji coba kebijakan baru untuk menghilangkan hambatan institusional.

Jelas, Pudong menyematkan perkembangan masa depannya di Zhangjiang.

Menurut Weng Zuliang, sekretaris Partai Pudong, zona sains dan teknologi telah menjadi sinonim dari inovasi di Shanghai, dan bahkan di Tiongkok sampai batas tertentu.

“Ia memiliki elemen, industri, dan bakat paling inovatif,” kata Weng dalam wawancara radio baru-baru ini. “Ini masih berkembang, bertujuan untuk menjadi pusat sains kelas dunia.”

Area Baru Pudong - Image from Shine

Dilansir dari Shanghai Daily, kebijakan baru untuk mendorong tujuan itu telah dicurahkan selama bertahun-tahun.

Di Pudong, perusahaan menikmati satu izin usaha terintegrasi, yang menggabungkan apa yang dulunya membutuhkan banyak perizinan. Dengan izin tersebut, mereka bebas melakukan bisnis di mana pun di Tiongkok.

Selain itu, lembaga penelitian obat, seperti perusahaan farmasi, sekarang memiliki kemampuan untuk mendapatkan izin produksi dengan lebih mudah. Mereka diperbolehkan mengontrak produsen untuk memproduksi obat, menghindari penundaan dan biaya untuk mendirikan fasilitas produksi mereka sendiri.

Hal itu telah mendorong akses yang lebih luas dan lebih mudah ke pasar untuk obat baru yang dikembangkan secara lokal.

Pudong sekarang menyediakan rangkaian lengkap layanan bisnis, dimulai dengan membina para pemula, yang telah mendirikan yayasan, dengan investasi awal CNY5,5 miliar (Rp11,9 triliun), untuk berinvestasi dalam industri inti seperti sirkuit terintegrasi, manufaktur "pintar" dan penerbangan dan kedirgantaraan, kata Weng.

Pudong memiliki 166 fasilitas yang membantu dan mempercepat pekerjaan perusahaan rintisan yang menjanjikan. Distrik tersebut telah membantu 16 perusahaan dalam penawaran umum perdana di Shanghai Stock Exchange STAR Market, terhitung 59 persen IPO di sana dari Shanghai dan 9 persen dari Tiongkok.

Menurut Weng, Pudong sekarang menjadi rumah bagi lebih dari setengah fasilitas sains utama yang berbasis di Shanghai Tiongkok, bekerja di berbagai bidang seperti sains foton, ilmu kehidupan, oseanografi, dan energi.

Secara khusus, kompleks sains foton sedang terbentuk di Zhangjiang, yang mencakup Fasilitas Laser Superintense-Ultra Cepat Shanghai, Fasilitas Radiasi Synchrotron Shanghai, Pusat Nasional untuk Ilmu Protein Shanghai dan Fasilitas Uji Laser Elektron Bebas Sinar-X.

“Fasilitas sains yang besar merupakan dasar penting untuk mengembangkan biomedis, sirkuit terintegrasi, dan kecerdasan buatan,” kata Weng.

Pudong diharapkan menjadi tuan rumah 10 fasilitas sains utama pada tahun 2025.

Selama tiga dekade terakhir, Pudong telah menyaksikan perkembangan inovasi yang luar biasa di berbagai bidang, terutama di sepanjang tepi sungai.

Misalnya, kawasan Qiantan, yang dijuluki "Lujiazui kedua", menonjol sebagai pusat bisnis yang sedang berkembang, sedangkan warisan World Expo 2010 Shanghai sangat memengaruhi perkembangan Pudong dengan inovasi yang tak terhitung jumlahnya dalam segala hal, seperti seni dan budaya. (*)

Terkait

international

Film Dokumenter tentang Area Baru Pudong Memulai Debutnya

  • Isna Fauziah
  • 11 Nov 2020

culture

Pusat Olahraga Oriental Shanghai, Arena Top Dunia

  • Isna Fauziah
  • 14 Nov 2020

Technology

Pudong, Sinonim Inovasi di Kota Metropolitan China

  • Isna Fauziah
  • 03 Jan 2021
Logo follow bolong