Teleskop Raksasa China FAST Identifikasi 740 Pulsar

09 February 2023, 22:39 WIB

Teleskop Raksasa China FAST Identifikasi 740 Pulsar-Image-1
Teleskop raksasa China Mengidentifikasi Lebih dari 740 Pulsar. Sumber: 中国青年网

Beijing, Bolong.Id - FAST (Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope) 500 meter Tiongkok, terbesar di dunia. Telah mengidentifikasi lebih dari 740 pulsar.

Dilansir dari 中国青年网, Selasa (07/02/2023) pulsar, atau bintang neutron yang berputar cepat, berasal dari inti bintang mati yang meledak di supernova.

Pengamatan pulsar adalah tugas penting FAST, yang dapat digunakan untuk mengonfirmasi keberadaan radiasi gravitasi dan lubang hitam, serta membantu memecahkan banyak pertanyaan besar lainnya dalam fisika.

Setelah Festival Musim Semi, di ruang kendali utama "Tiongkok Sky Eye", para peneliti memantau status pengoperasian teleskop, dan mengumpulkan serta merekam informasi data dari alam semesta.

Sun Chun (孙纯), seorang insinyur pengukuran dan kontrol di Pusat Operasi dan Pengembangan FAST, mengatakan: "Karena teleskop ini adalah sistem yang relatif kompleks yang memerlukan reflektor dan kabin pengumpan untuk menunjuk ke benda langit yang diamati dengan presisi tinggi, kami perlu memantau status teleskop secara real time."

Jiang Peng (姜鹏), kepala teknisi teleskop, mengatakan durasi pengamatan tahunan FAST telah melampaui 5.300 jam sejak selesai pada September 2016, dengan 30 hingga 40 terabyte data yang diterima setiap hari. Lebih dari 740 pulsar telah ditemukan sejauh ini.

Lebih banyak penemuan pulsar oleh FAST dapat membantu para ilmuwan menemukan bukti gelombang gravitasi, atau membangun sistem referensi waktu yang dikendalikan secara otonom, tambah Jiang.

Dijuluki sebagai "Tiongkok Sky Eye", teleskop ini terletak di depresi karst yang dalam dan bulat secara alami di provinsi barat daya Guizhou. Ini memiliki area penerimaan yang setara dengan 30 lapangan sepak bola standar.(*)