Baca dalam 3 menit

RS di China Sukses Bedah Tulang Belakang dengan Robot

Waktu Publish : 07 Jul 2021, 08:38 WIB
SHARE ARTIKEL

Dokter dan robot bedah ortopedi - Image from jiaodong.net

Beijing, Bolong.id - Baru-baru ini, tim bedah tulang belakang dari Rumah Sakit Afiliasi Binyi Yantai Binzhou Medical College Tiongkok berhasil menyelesaikan beberapa kasus bedah tulang belakang menggunakan robot bedah ortopedi.

Dilansir dari jiaodong.net pada Senin (5/7/2021), Bibi Xin (nama samaran) 55 tahun mengalami kecelakaan mobil saat dia tidak bekerja. Dia merasakan sakit punggung bawah yang tak tertahankan dan tidak bisa berdiri.

Dia dilarikan ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Afiliasi Binyi Yantai, di mana dia dirawat, dan didiagnosa mengalami patah tulang lumbal 2 korpus vertebral melalui pemeriksaan penunjang rontgen dan CT.

Untuk mengatasi masalahnya, diputuskan untuk melakukan dengan bantuan robot pada pasien.

Data CT Bibi Xin dimasukkan ke dalam sistem komputer robot bedah untuk diproses satu hari sebelumnya. Dr. Wang Chunxiao merencanakan jalur terbaik untuk setiap sekrup di komputer sebelumnya. Pada hari operasi, setelah mencocokkan dengan gambar CT komputer, semua sekrup dimasukkan secara akurat dengan lengan robot. Dalam waktu sekitar satu jam, tulang belakang lumbar pasien terpasang kuat.

Tim bedah tulang belakang dari Yantai Affiliated Hospital of Bin Medical telah memperkenalkan sistem navigasi dan pemosisian robot ortopedi untuk lebih meningkatkan efisiensi operasi pasien, mengurangi risiko bedah, dan mengurangi radiasi intraoperatif.

Menurut Tan Jiangwei, Direktur Bedah Tulang Belakang, operasi robotik meningkatkan akurasi operasi ke tingkat milimeter dengan mencocokkan data gambar praoperasi pasien dengan gambar intraoperatif, memastikan keakuratan jalur kuku dan keamanan operasi.

Penempatan kuku pada jalur yang tepat telah ditentukan oleh dokter sebelum operasi, sehingga mempersingkat waktu operasi dan mengurangi radiasi intraoperatif pasien. Selain itu, selama berbagai parameter direncanakan sebelumnya, dokter dapat menyelesaikan operasi penempatan kuku yang kompleks.

Penggunaan robot bedah ortopedi di Rumah Sakit Afiliasi Bin Medical Yantai merupakan lompatan maju lainnya dalam pengembangan bedah tulang belakang menuju bedah medis yang cerdas dan tepat. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3