Baca dalam 5 menit

Facebok, WhatsApp, Instagram Sempat Tak Bisa Digunakan, Ada Apa?

Waktu Publish : 05 Oct 2021, 09:32 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi pengguna WhatsApp - Image from Detik

Bolong.id - Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp di seluruh dunia tidak dapat mengakses ketiga aplikasi tersebut mulai Senin (4/10) pukul 10 malam.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan "Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti."

Saat ini, situs ".onion" Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan "DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN" yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Meski layanan sudah berangsur pulih, pihak Facebook Inc belum memberikan keterangan penyebab gangguan tersebut.

Namun, kepala peneliti perusahaan intelijen ancaman siber Bad Packets, mengatakan bahwa Domain Name System atau DNS adalah salah satu penyebab gangguan Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

"Pemadaman Facebook tampaknya disebabkan oleh DNS, namun, itu hanyalah gejala dari masalahnya," kata Troy.

DNS sendiri berperan untuk menerjemahkan nama host atau situs (seperti Facebook.com), menjadi alamat IP yang dapat dibaca komputer.

Kesalahan DNS cukup umum menjadi alasan mengapa situs tertentu tidak dapat diakses. Penyebab kesalahan DNS bisa terkait alasan teknis, seperti masalah konfigurasi yang bisa diselesaikan dengan mudah. Namun, jika pemadaman layanan berlangsung lama dan masif, kemungkinan masalahnya lebih serius.

Troy juga mengatakan, selain DNS, tumbangnya layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp kali ini disebabkan adanya masalah di Border Gateway Protocol (BGP).

BGP ini berisi alamat IP dari nama DNS-nya dan bertugas untuk menentukan rute data yang diambil saat melewati lalu lintas informasi. Hal senada juga diungkap CTO Cloudflare Inc, John Graham Cumming melalui akun Twitternya.

"Sekitar lima menit sebelum DNS Facebook berhenti bekerja, kami melihat banyak BGP berubah (kebanyakan menarik rute) untuk ASN (autonomous system number) Facebook," tulisnya lewat akun dengan handle @jgrahamc.

Hingga berita ini naik, ada lebih dari 1,23 juta cuitan yang menyinggung soal masalah WhatsApp dan lebih dari 86,6 ribu cuitan yang menautkan tagar Instagram Down.

Menurut situs Downdetector.com, masalah ini terjadi di sejumlah negara. Saat berita ini di naik, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down ada sekitar 54 ribuan.

Lalu, untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1.691 dan 2.984 laporan yang masuk. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Facebook sehingga tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara bersamaan.

Rekomendasi aplikasi pengganti

Gangguan yang terjadi pada Instagram, WhatsApp dan Facebook malam ini tentunya membuat keresahan para penggunaanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut kami sudah menyiapkan rekomendasi aplikasi pengganti WhatsApp, Facebook dan Instagram terbaik yang dapat kamu gunakan.

WeChat merupakan aplikasi pesan instan all-in-one yang dikembangkan oleh Tencent, di dalamnya juga menyediakan game, belanja online, dan layanan keuangan.

Dengan aplikasi yang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia ini, Anda bisa mendapatkan hampir semua yang kamu butuhkan.

Sehingga wajar jika WeChat menjadi platform media sosial buatan Tiongkok yang paling populer di Tiongkok dan seluruh dunia.

WeChat menggabungkan beberapa aplikasi sosial media populer seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Skype.

Bahkan ada sekitar sepuluh juta aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda unduh untuk Android atau iOS. Tak lupa juga mode bisnis yang digunakan untuk ajang para perusahaan memasarkan produknya.(*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong