Baca dalam 3 menit

Diplomat Senior China: Kami Akan Terus Terbuka

Waktu Publish : 29 Sep 2020, 10:32 WIB
SHARE ARTIKEL

Diplomat Senior China: China Akan Terus Terbuka - Image from ST

Beijing, Bolong.id - Tiongkok akan terus membuka ekonominya ke dunia yang lebih luas dan berkomitmen membangun ekonomi global yang terbuka, ujar diplomat senior Tiongkok, Wang Yi (王毅) pada Senin (28/9/20).

Itu dikatakan dalam sebuah forum yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Tiongkok telah mengambil langkah-langkah seperti memperpendek Daftar Negatif yang merinci sektor dan industri yang dibatasi atau dilarang untuk perusahaan asing, katanya.

Wang (王) berulang kali melakukan serangan terselubung terhadap Amerika Serikat dalam pidatonya, tanpa menyebut nama negara atau Presiden Donald Trump.

Dia membandingkan janji Tiongkok untuk menegakkan multilateralisme dengan "beberapa negara" yang menurutnya telah mengubah Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadi "teater untuk pertunjukan politik yang mementingkan diri sendiri dan arena untuk memprovokasi konflik dan konfrontasi serta untuk memecah belah seluruh dunia".

Hubungan antara Tiongkok dan Amerika Serikat tegang karena sejumlah masalah mulai dari perdagangan hingga situasi di Hong Kong. Di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pekan lalu, Trump mengulangi tuduhannya bahwa Tiongkok bertanggung jawab atas pandemi COVID-19.

Wang (王) juga mengatakan Tiongkok akan mengambil bagian dalam kerja sama multilateral dalam penelitian vaksin COVID-19 untuk kepentingan dunia.

“Tiongkok akan berkontribusi pada aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin di semua negara berkembang,” katanya, sebagaimana dilansir dari Reuters. (*)

Banner Kanan
Logo follow bolong