Sekolah Kemitraan Tiongkok-Asing Sambut Semester Baru dengan Percaya Diri

logo clock 4 Menit logo clock 01-09-2020, 12:32

Pertemuan di Universitas Duke Kunshan (DKU) pada Rabu (26/8/20) - Image from GT

Jiangsu, Bolong.id - Pada saat universitas di AS menunda kelas tatap muka, beralih ke daring, sekolah kemitraan Tiongkok-AS, Duke Kunshan University (DKU) memulai semester musim gugurnya pada akhir Agustus 2020 tanpa kasus infeksi terbaru.

DKU memulai semester barunya pada Rabu (26/8/20) setelah ditutup selama hampir sembilan bulan akibat pandemi COVID-19.

Lebih dari 40 anggota fakultas baru dari seluruh Amerika Utara, Eropa dan Asia telah bergabung dengan program sarjana untuk semester musim gugur.

Dengan dukungan yang kuat dari departemen nasional dan provinsi terkait, semua fakultas dan staf asing di DKU diberikan surat undangan visa khusus dari departemen terkait.

Meskipun sekitar 80 mahasiswa baru yang berbasis di luar negeri tidak dapat ke Tiongkok karena pembatasan perjalanan internasional, mereka dapat menghadiri kelas melalui opsi pembelajaran jarak jauh. Gelombang baru mahasiswa baru berasal dari 31 negara termasuk Australia, Austria, Bangladesh, Brasil, Dominika, Finlandia, Guatemala, Kenya, Iran, Belanda, Polandia, Rusia dan Spanyol.

Saat ini, Kantor Layanan Siswa Internasional sekolah sedang mempersiapkan dokumen visa untuk siswa internasional baru, sehingga mereka dapat datang ke Tiongkok setelah pembatasan perjalanan dicabut.

Geng Shuang, seorang staf di universitas, mengatakan kepada Global Times bahwa dia merasa sangat bersyukur dan senang melihat wajah rekan-rekan dan mahasiswanya lagi, yang memotivasi dia untuk bekerja keras.

Sekolah tersebut telah menerapkan langkah-langkah anti-pandemi yang ketat untuk semua siswa, termasuk mengajukan kode QR kesehatan dan meminta mereka mengisi dokumen yang mencakup riwayat perjalanan 140 hari terakhir serta pemeriksaan suhu.

Pertemuan di Universitas Duke Kunshan (DKU) pada Rabu - Image from GT

Selain DKU, Universitas New York Shanghai dan Universitas Nottingham Ningbo China (UNNC) sedang bersiap untuk memulai semester baru mereka pada pertengahan September 2020.

Seorang staf dari departemen pemasaran UNNC mengatakan kepada Global Times, sekitar 80 persen fakultas asing telah kembali ke sekolah.

Sejak Tiongkok membuka kembali perjalanan udara ke beberapa negara Eropa, guru asing dari Eropa kini dapat datang dengan pesawat. Sementara beberapa guru dari AS mungkin menghadapi lebih banyak kesulitan karena rute udara Tiongkok-AS yang terbatas, menurut sekolah sebagian besar diharapkan tiba pada Oktober 2020.

Senada dengan DKU, pemerintah daerah di Provinsi Zhejiang Tiongkok Timur juga memberikan dukungan kepada guru asing. Pada Juli 2020, pemerintah daerah memberikan persetujuan bagi lebih dari sepuluh guru asing untuk bekerja di sekolah tersebut, ujar staf DKU.

Sementara itu, sekolah berusaha menawarkan cara yang lebih efisien bagi staf asing untuk membeli tiket.

Selagi sekolah kemitraan Tiongkok-Asing menyambut semester baru dengan penuh semangat, beberapa universitas di AS harus membatalkan kelas tatap muka dan membujuk siswa yang telah kembali ke kampus dan mengambil kelas secara daring di rumah.

Menurut laporan, 175 dari 8.094 siswa yang tinggal di kampus Iowa State University dinyatakan positif COVID-19 sejak awal semester. Beberapa siswa telah menyatakan keprihatinan tentang apakah semester akan dilanjutkan. Universitas Carolina Utara di Chapel Hill juga menghentikan kelas tatap muka hanya seminggu setelah mereka memulai semester baru, beralih ke pengajaran jarak jauh karena lonjakan infeksi. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

China: Serangan AS Pada China Tidak Bikin “America Great Again”

 

logo clock 28-10-2020, 13:15
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Hubungan China-Jepang Kembali Membaik, Siap Masuk Era Baru

 

logo clock 28-10-2020, 11:43
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Dukung Perdamaian Sudan Selatan, Tiongkok Sumbang 1.500 Ton Beras

 

logo clock 28-10-2020, 11:39
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Setelah 23 Tahun Buron, Pengebom Haicang Ditangkap

 

logo clock 28-10-2020, 11:37
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Buku Anak Internasional Siap Digelar di Shanghai

 

logo clock 28-10-2020, 10:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral