Baca dalam 3 menit

Keren, Gadis 8 Tahun Asal Guangxi Juarai Balap Motor

Waktu Publish : 19 Jul 2021, 14:24 WIB
SHARE ARTIKEL

Lin Jiaxi - Image from Sina

Bolong.id - Lin Jiaxi, seorang gadis cantik asal Guangxi Zhuang, Tiongkok yang baru berusia 8 tahun, diakui sebagai ratunya industri balap anak dalam negeri.

Keluarga Lin menjalankan bisnis katering di Nanning. Ayah Lin adalah penggila motor. Di awal tahun 2019, seorang teman menempatkan motor balap anak-anak di rumahnya. Lin Jiaxi, yang saat itu berusia lebih dari 5 tahun, mengatakan bahwa ia juga ingin punya motor.

Orangtua Lin kemudian membelikan skuter listrik anak-anak untuknya. Melihatnya mengemudi dengan baik, Ayah Lin membawa putrinya ke seorang teman untuk mengajari anaknya mengendarai motor.

Dilansir dari Global Times pada Minggu (18/7/2021), Lin Jiaxi yang berusia 5 tahun menunjukkan keterampilan balapnya yang luar biasa, lalu keluarganya membawanya untuk menerima pelatihan balap profesional. Tiga bulan kemudian, Lin Jiaxi mulai berpartisipasi dalam kompetisi di Guangdong.

Pertama kali mengikuti kompetisi, Lin Jiaxi belum mendapatkan tempat, tetapi lintasan balap membuat Xiao Jiaxi bersemangat. Ia kemudian mengikuti 4th Blacklist National Electric Motorcycle Competition yang diadakan tahun itu. Lin Jiaxi memenangkan juara 10-inci dan 8-inci anak-anak dalam kompetisi.

Dalam Kompetisi Sepeda Motor Klub Balap Hutan Sanshui 2020, Jiaxi memenangkan kejuaraan tahunan 60cc 8 inci anak-anak.

Memasuki musim 2021, Jiaxi berhasil meraih juara pertama dari 10-inci 90cc, dan juara pertama Kompetisi Sepeda Motor Listrik Nasional 110cc 10-inci di Tan Pit.

Pada 22-23 Mei tahun ini, Kompetisi Sepeda Motor Greater Bay Area GP Weiyeda 2021 dan pemberhentian pertama Stasiun 2021-Enping akan diadakan di Sirkuit Enping Grand Hippo di Kota Jiangmen, Guangdong. Lin Jiaxi mencatatkan waktu putaran 1 menit 05,279 detik selama latihan waktu sebelum balapan.

Hasil ini hanya 3 detik lebih lambat dari lap tercepat kelas 150cc di grup dewasa. Pada balapan-balapan berikutnya, Lin Jiaxi terus mencatatkan putaran tercepat pada pertandingan dengan catatan waktu 1 menit 05.738 detik di babak kedua.

Di Sirkuit Enping Dahema, rekor lap tercepat sebelumnya untuk kelompok anak-anak juga dipegang oleh Lin Jiaxi. Pada kuarter pertama Little Talent Cup yang digelar tahun 2020, waktu terbaiknya adalah 1 menit 09,133 detik.

Selama bertahun-tahun, keluarga telah melengkapinya dengan sepeda motor listrik dan berbagai jenis kendaraan dari 50cc hingga 200cc, termasuk kendaraan di jalan raya dan kendaraan off-road.

Sejak usia 5 tahun, Jiaxi pergi ke tempat balap profesional untuk berlatih selama 3-5 jam setiap akhir pekan. Saat itu, beratnya hanya 42 kilogram, dia harus menopang sepeda motor sekitar 100 kilogram tapi ia tidak pernah mnegeluh kelelahan.

Selama pelatihan dan kompetisi, kecelakaan terjadi dari waktu ke waktu, tetapi Jiaxi selalu memilih untuk mematuhinya.

Terus-menerus menyegarkan waktu putaran setiap trek, Jiaxi dengan cepat menarik perhatian tim profesional.

Pelatih tim profesional menilai bahwa kompetisi domestik tidak lagi dapat memuaskan pertumbuhannya dalam karir kompetisi, dan harus pergi ke luar negeri untuk bersaing dengan pembalap kecil dengan level yang sama di arena dunia.

Untuk memungkinkan Jiaxi cepat berintegrasi dengan standar internasional, segera setelah liburan musim panas, orang tuanya membawanya ke Ordos untuk berpartisipasi dalam pelatihan tim.

Di Ordos, Jiaxi berlatih kebugaran fisik dari jam 8-10 pagi, berlatih trek dari jam 10-12 siang, dan dia tetap berada di trek dari jam 14:30 sampai jam 7. Saat keluar dari trek, dia juga perlu menulis laporan harian pelatihan, tapi dia menikmatinya.

Jiaxi akan naik ke kelas dua sekolah dasar semester depan, dan ia masih bermimpi untuk menjadi pembalap GP sepeda motor yang hebat. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3