Baca dalam 3 menit

Tari Modern 'Free Man from the South' Dipentaskan di Beijing

Waktu Publish : 09 Sep 2020, 12:08 WIB
SHARE ARTIKEL

Cuplikan pertunjukan tari Modern 'Free Man from the South.' - Image from CGTN

Beijing, Bolong.id - Terinspirasi oleh puisi klasik Tiongkok, pertunjukan tari modern "Free Man from the South (Manusia Bebas dari Selatan)" memulai debutnya di Beijing pada 4 September 2020.

Pertunjukan tersebut merupakan karya terbaru yang dikoreografikan oleh Willy Tsao, yang merupakan Direktur Artistik dari Beijing Dance / LDTX. Ia mengambil inspirasi dari puisi yang ditulis oleh penyair Dinasti Tang (618-907) Li Bai (李白) 1.000 tahun yang lalu.

Tapi Tsao mengatakan pertunjukan itu bukan cerminan dari kehidupan dan karya penyair: "Karya saya terinspirasi dari puisinya, tapi tidak serta merta mencerminkan kehidupan Li Bai (李白) atau langsung mengartikan kata-kata itu sendiri. Bagi saya, saya hanya mengambilnya dari liriknya, kemudian diterjemahkan ke dalam imajinasi saya sendiri. Jadi saya berharap orang-orang akan datang untuk melihat dan menikmati karya apa adanya, tetapi jangan mencoba menghubungkannya dengan Li Bai (李白), mereka tidak dapat menemukan Li Bai (李白) dalam karya tersebut."

Pertunjukan tersebut adalah pertunjukan pertama yang dibuka untuk umum oleh perusahaan Tsao sejak wabah COVID-19.

Sementara banyak timnya terjebak oleh karantina wilayah (lockdown), Tsao mengatakan timnya menggunakan masa tenang ini untuk mempersiapkan diri:

"Sebenarnya kami membuka perusahaan kami sejak dibukanya kembali sekolah-sekolah. Kemudian kami melakukan latihan dansa dan kelas setiap hari, jadi mereka kembali ke studio seolah-olah ini adalah rumah mereka. Kami sangat senang bahwa kami memiliki masa tenang seperti ini, sehingga kami dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik daripada berlari di jalan raya dan mencoba melakukan lebih banyak pertunjukan."

Cuplikan pertunjukan tari Modern 'Free Man from the South.' - Image from CGTN

Lahir di Hong Kong pada 1955, Tsao adalah salah satu pelopor tari modern Tiongkok. Karya-karyanya dipertunjukkan tidak hanya di Tiongkok, tetapi juga di festival seni di seluruh dunia.

Pada 2005, ia mendirikan perusahaan tari swasta pertama di daratan Tiongkok, BeijingDance / LDTX. Perusahaan kemudian meluncurkan Festival Tari Beijing tahunan dan mengembangkannya menjadi salah satu acara tari modern paling berpengaruh di Tiongkok. (*)

Terkait

lifestyle

Resmi Dibuka, Planetarium Terbesar di Dunia

  • Lupita
  • 19 Jul 2021

technology

Ini Dia Museum Astronomi Shanghai, Planetarium Terbesar di D...

  • Visco Joostensz
  • 09 Jul 2021

lifestyle

Makanan di Kafetaria Kantor Huawei, Mewah

  • Lupita
  • 23 Jun 2021

news

NASA dan Praktisi Antariksa Seluruh Dunia Ucapkan Selamat at...

  • Esy Gracia
  • 20 Jun 2021

news

Shenzhou 12 Sukses, Badan Antariksa Dunia Beri Selamat ke Ch...

  • Djono W. Oesman
  • 19 Jun 2021

news

Sukses, Ketiga Astronaut Pertama China Tiba di Stasiun Antar...

  • Visco Joostensz
  • 19 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong