China: Pemblokiran TikTok dan WeChat oleh AS Langgar Aturan WTO

logo clock 2 Menit logo clock 06-10-2020, 11:14


Ilustrasi - Image from China Daily

Jenewa, Bolong.id - Tiongkok mengatakan pada pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization; WTO) bahwa pembatasan oleh Amerika Serikat pada aplikasi seluler Tiongkok, TikTok dan WeChat melanggar aturan WTO, ujar seorang pejabat perdagangan.

Trump telah memerintahkan untuk memblokir unduhan pada dua aplikasi seluler tersebut dan memerintahkan ByteDance, pemilik TikTok di Tiongkok, untuk menjual operasinya ke perusahaan AS, dengan alasan masalah keamanan nasional. Namun, hakim AS telah mempertanyakan kasus pemerintah tersebut.

Seorang perwakilan untuk Tiongkok mengatakan pada pertemuan tertutup pada Jumat (2/10/20) bahwa langkah-langkah tersebut "jelas tidak konsisten dengan aturan WTO, membatasi layanan perdagangan lintas batas dan melanggar prinsip-prinsip dasar dan tujuan dari sistem perdagangan multilateral," ujar seorang pejabat perdagangan yang mengetahui masalah tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya.

Pejabat itu mengatakan, delegasi tersebut menggambarkan kegagalan AS untuk memberikan bukti konkret tentang alasan tindakannya sebagai "penyalahgunaan yang jelas" terhadap aturan.

Dalam pertemuan yang sama, Amerika Serikat membela tindakannya, dengan mengatakan tindakan itu dimaksudkan untuk mengurangi risiko keamanan nasional, ujar pejabat perdagangan itu. Pemerintah sebelumnya pun mengatakan data dari pengguna Amerika sedang diakses oleh pemerintah Tiongkok.

Kantor Perwakilan Dagang AS tidak segera berkomentar. Seorang pejabat di misi Tiongkok ke WTO tidak segera menanggapi komentar.

Pernyataan Tiongkok tersebut tidak akan memiliki konsekuensi apa pun meskipun Tiongkok dapat mengajukan keluhan hukum resmi tentang hal itu ke badan Jenewa, sebagaimana dilansir dari Reuters. (*)

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Laut China Selatan Memanas, Jepang - Vietnam Sepakati Kerjasama Militer

 

logo clock 21-10-2020, 13:04
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Pembaruan Perjanjian Uskup Cerminkan Hubungan Sehat China-Vatikan

 

logo clock 21-10-2020, 13:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kemenlu Tiongkok Warning India Hati-hati tentang Masalah Taiwan

 

logo clock 21-10-2020, 12:57
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Ini Bakal Jadi Bukti Pembicaraan antara China dan India Berjalan Baik

 

logo clock 21-10-2020, 11:44
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Ini Dia Hasil Investigasi Xinjiang oleh Pakar China

 

logo clock 21-10-2020, 11:40
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Viral