Industri Pendidikan Online China di Tengah Pandemi

logo clock 4 Menit logo clock 11-10-2020, 20:55

iHuman - Image from KR Asia

Beijing, Bolong.id - Anak-anak Tiongkok dengan cepat beradaptasi dengan cara belajar alternatif ketika wabah COVID-19 menutup sekolah selama berbulan-bulan. Oleh karena itu, pendidikan online memperoleh peluang tak terduga untuk berkembang sementara banyak industri terpengaruh.

Karena anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan sebelumnya di depan layar mereka, para pemimpin dalam industri pendidikan mendapatkan keuntungan.

iHuman Inc. bahkan memanfaatkan dengan go public di pasar saham AS, meskipun ketegangan meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia.

Human Inc. go public di New York Stock Exchange - Image from CGTN

CEO iHuman Inc. Chi Yufeng (池宇峰) mengatakan keputusan perusahaan adalah menunjukkan nilai pendekatan pendidikan di Tiongkok dan luar negeri.

"Salah satu faktor utama kami memilih untuk go public di New York Stock Exchange karena kami menghargai pertukaran orang-ke-orang antara kedua negara," kata Chi, "Kami ingin memperluas pangsa kami di pasar pendidikan global."

Perusahaan yang didirikan pada 2016 ini dikenal dengan bisnis intinya, menyediakan aplikasi pembelajaran online untuk anak-anak berusia tiga hingga delapan tahun.

Menurut IPO perusahaan, pengguna aktif dan berbayar bulanannya memimpin bagian pendidikan di toko aplikasi Tiongkok.

Tim bangga dengan algoritma di balik aplikasi, yang didukung oleh hampir dua dekade pengalaman di bidang pendidikan. Berusaha untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna atas dasar peningkatan konten dan teknologi.

Chi berbagi: "Apa yang kami lakukan sebelumnya pada disk sangat populer di Tiongkok, untuk bayi yang belajar kata-kata Tiongkok dan anak-anak belajar bahasa Inggris. Apa yang kami lakukan sekarang adalah versi selulernya. Namun, kami memiliki tim yang lebih baik sekarang."

Dan sama sekali bukan pertama kalinya sebuah perusahaan pendidikan Tiongkok terjun ke luar negeri.

Situs NASDAQ dan Bursa Efek New York menunjukkan ada 13 perusahaan pendidikan Tiongkok yang terdaftar di AS.

Salah satu pemimpin di bidangnya, Pendidikan Oriental Baru (New Oriental Education), adalah perusahaan pendidikan Tiongkok pertama yang terdaftar di Bursa Efek New York pada 2006.

Proyeksi pasar pendidikan online China pada 2020 - Image from CGTN

Data dari iiMedia Research memproyeksikan nilai pasar pendidikan online Tiongkok mencapai lebih dari CNY 450 miliar (Rp987 triliun) pada akhir tahun 2020, yaitu sekitar USD 67 miliar.

Dari 300 juta pengguna produk e-learning, 34,5 persen ditargetkan untuk anak usia TK hingga kelas 12.

Andy Mok, Peneliti Senior di Center for China and globalization, berbagi pandangannya tentang pergerakan tersebut.

"Dengan pendapatan yang meningkat dan pergeseran ke ekonomi berbasis pengetahuan yang semakin meningkat," kata Mok, "orang tua lebih mampu dan bersedia berinvestasi dalam pendidikan anak-anak mereka.”

Namun, pasar pendidikan online Tiongkok berjuang untuk mendapatkan keuntungan pada 2019 dengan perusahaan yang terjebak dalam perang harga dan persaingan untuk mendapatkan pangsa pasar. Pandemi telah memberikan dorongan besar bagi industri untuk pertumbuhan tahun ini.

IPO iHuman juga dilakukan pada waktu yang khusus karena banyak yang masih mengkhawatirkan dampak pandemi dan gesekan perdagangan.

Deloitte mengatakan, industri pendidikan Tiongkok sedang menyaksikan "zaman keemasan".

Dan dengan iHuman go public, menunjukkan ambisi para pemain utama sektor ini, karena mereka berupaya memanfaatkan kesuksesan mereka dan mengklaim kemenangan (claim a piece of the international pie). (*)







Penulis : Isna Fauziah
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

Serial Suspense-Thriler Online China Ini Populer di Seluruh Asia

 

logo clock 24-10-2020, 23:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Teater Battle of Triangle Hill Tampilkan Kehidupan Nyata ke Panggung

 

logo clock 24-10-2020, 12:52
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Film Sacrifice Raih Rp219 Miliar di Pertunjukan Perdana

 

logo clock 24-10-2020, 12:47
logo clock Baca ini dalam 5 Menit
logo share

Wolfgang's Steakhouse Amerika Buka Cabang di Beijing

 

logo clock 24-10-2020, 12:39
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Inilah Arsitektur Five Great Avenue di Tianjin

 

logo clock 24-10-2020, 12:31
logo clock Baca ini dalam 7 Menit
logo share

Viral