Macan Tutul Salju Langka Terlihat di Pegunungan Qilian Tiongkok

logo clock 3 Menit logo clock 10-10-2020, 10:56

Macan Tutul Salju Langka Tertangkap Kamera di China - Image from People's Daily

Qinghai, Bolong.id - Dua macan tutul salju langka telah terlihat di ujung timur Pegunungan Qilian di Provinsi Qinghai untuk pertama kalinya, menunjukkan wilayah distribusi yang meluas dari hewan yang dilindungi tersebut, lapor Xinhua News pada Rabu (7/10/20).

Tim peneliti macan tutul salju dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (Chinese Academy of Sciences; CAS) mengatakan salah satu kamera inframerahnya menangkap rekaman dua macan tutul salju yang bermain di taman nasional di ujung timur Pegunungan Qilian pada 4 September 2020, yang menurut ketua tim merupakan momen yang "sangat penting".

Lian Xinming, peneliti asosiasi dari Institut Biologi Dataran Tinggi Barat Laut di CAS, mengatakan penemuan tersebut memperluas area distribusi macan tutul salju ke tepi paling timur Pegunungan Qilian.

Ada dugaan penampakan macan tutul salju di Qinghai Timur sebelumnya, tetapi belum ada yang pernah dikonfirmasi.

Macan tutul salju, yang sering ditemukan di dekat garis salju alpine di jantung Asia, dijuluki "raja pegunungan salju". Macan tutul salju merupakan hewan Kelas A yang dilindungi di Tiongkok dan diklasifikasikan "rentan" oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Tim peneliti juga menangkap rekaman spesies lain yang dilindungi negara bagian di Qinghai Timur termasuk rusa sika, rusa kesturi, ayam hazel ekor bintik (spot-tailed hazel chickens), dan ayam hutan tenggorokan merah (red-throated pheasant partridge).

"Tidak terbayangkan bahwa ada keanekaragaman hayati yang begitu kaya di daerah dengan aktivitas manusia yang sering, yang juga menunjukkan koeksistensi harmonis antara manusia dan satwa liar," ujar Lian kepada Xinhua News.

Kekayaan tipe ekosistem di Qinghai adalah alasan mengapa ia memelihara keanekaragaman spesies yang begitu kaya, selain upaya konsisten dari proyek perlindungan hutan alam, yang bertujuan untuk memulihkan hutan di Tiongkok Barat, kata para ahli. (*)

Macan Tutul Salju Langka Tertangkap Kamera di China - Image from People's Daily

Penulis : Isna Fauziah
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Ini Bedanya Sumpit Jepang, China, dan Korea. Sudah Tahu?

 

logo clock 30-10-2020, 20:01
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Festival Puisi Nasional Ke-6 di China Dibuka November 2020

 

logo clock 30-10-2020, 17:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Geliat Anti-miskin di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet dalam Fotografi

 

logo clock 30-10-2020, 14:19
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

6 Snack Asal China Ini Mudah Didapat di Indonesia

 

logo clock 30-10-2020, 14:09
logo clock Baca ini dalam 4 Menit
logo share

Karpet Ratusan Tahun Dipamerkan di Beijing Hingga 1 November

 

logo clock 30-10-2020, 13:58
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral